Hasil Pengamatan dari Blog Walking Sana-Sini

Blog walking. Yup, itulah kerjaan saya kalo lagi kurang kerjaan. Ada link blog dikit langsung klik. Lagi buka-buka profil teman di situs jejaring sosial, ada alamat blog, klik. Ada link blog teman dari blog teman, klik. Ada link blog ga dikenal dari blog teman, juga klik aja. Terus-terus aja kayak gitu ampe bosan. Yah, kayaknya saya memang lebih seneng baca-baca tulisan orang daripada ngisi blog sendiri, haha..

Dari blog walking itu, saya kayak ngeliat karakteristik penulis dan macam-macam orang menurut definisi saya sendiri berdasarkan dari tulisan yang mereka post.

Puitis: Ada blog teman yang bahasanya indaaah banget, sangat puitis, dan berbobot. Saya sendiri ga terlalu bisa mengerti makna setiap tulisan dia. Rasanya seperti membaca karya pujangga ternama. Isinya sepertinya sederhana, hanya cerita dan kejadian sehari-hari dia, tapi entah mengapa dan gimana caranya bisa dia kemas dalam bahasa yang wahh dahsyat bangetlah. Kagum. Takjub.

Chic: Selain hanya membuang-buang waktu, blog walking ternyata menyadarkan saya kalau dunia tuh ga sesempit dunia yang sedang saya jalani sekarang, tapi dunia itu luaaaaas sekali dan seseorang bisa menjadi siapa saja dan menjadi seperti apa saja di dunia yang luas ini. Seorang teman dari masa sekolah mengisi blog nya dengan hal-hal yang “wanita sekali”. Isinya ga jauh-jauh tentang fashion, foto-foto, hobby, cowo, cinta, dsb. (Eh, yang kayak gtu cewe banget ga sih? Maklum, berada di lingkungan yang mayoritas cowo membuat saya menjadi seperti ini, agak cuek, haha) Yahh mungkin hal seperti itu agak aneh di lingkungan saya, tapi di luar sana mungkin itu biasa-biasa aja, bahkan menarik.

Labil: Ada lagi blog yang entah apa istilahnya, tapi menurut saya isinya itu agak lebay-labil. Ceritanya muter-muter tentang patah hati, gebetan, masalah percintaan yang menurut saya agak lebay kalo masalah kayak gtu aja ampe bikin ga napsu makan, stress, nangis gegerungan, dsb. Haha, ini menurut saya lho, ga ada komentar lagi deh untuk yang satu ini. Dari blog-blog kayak gini sih saya perhatiin aja how other people face their life, face their problems,  and face everything that towards upon him/her. (Duh jadi campur-campur gini bahasanya -__-)

Pemikir: Terus-terus ada lagi blog yang menurut saya isinya hebat banget, yaitu pemikiran hebat dari sang penulis yang ditulis dengan bahasa yang apik, struktural, dan khas, dengan gaya bahasa yang membuat saya berdecak kagum sampai menggelengkan kepala karena harus saya baca berulang kali untuk mengerti isinya. Fyuuuh. Yah itu dia, salah satu jenis blog yang lain. Harap-harap cemas aja berharap ada tulisan yang kayak gtu di blog saya. Nonton film yang pake mikir aja pusing, apalagi suruh nulis yang berat-berat, haha..

Inspirasional: Blog teman yang pernah saya baca-baca berisikan cerita-cerita yang sangat inspiratif. Blog-blog serupa bahkan mengemas apa yang ingin disampaikan dengan analogi cerita-cerita yang enak dibaca, mudah dimengerti, dan tidak terkesan menggurui. Yah, saya memang tipe orang yang lebih mudah mengerti sesuatu yang dianalogikan. Rasanya lebih gampang aja dimengerti. Topik-topik yang biasanya bikin bosen pun jadi enak dibaca.

Ilmiah: Trus, ada lagi blog yang isinya istilahnya apa yaa..ilmiah sekali! Iya, ilmiah sekali, isinya ilmu-ilmu tentang keilmuan si penulis dan teknologi terkini. Kagum banget lah ama penulis kayak gini. Pada beberapa blog yang saya baca, si penulis malah dengan sadar dan sengaja menuliskan hal-hal tersebut dengan bahasa Inggris. Wuihh, makin kagum lah, masih muda, ga jauh-jauh beda usia ama saya tapi tulisannya udah keren banget. Saya kuliah aja ga ngerti-ngerti, apalagi suruh nulis ngalor-ngidul tentang keilmuan saya, pake bahasa asing lagi. Ngeri laah, merasa blom kompeten saya mah, hehe..

Petualang: Seperti tipenya, tentu saja isinya petualangan. Jalan-jalan ke sini ke sana ke mana-mana. Senang banget bacanya. Iriiiii… Gimana sih caranya bisa muter-muter Indonesia atau keliling dunia mulu. Blog kayak gini tuh kayaknya cukup bagus dibaca untuk kita yang mau bepergian. Kan biasanya penulis suka menambahkan foto dan info-info tambahan mengenai tempat yang dia kunjungi. Cara bepergiannya juga bisa dicontoh, siapa tau dapet info cara jalan-jalan asik murah meriah. Selain itu, dari blog kayak gini, kita juga bisa tau sesuatu yang khas dari suatu daerah atau kebiasaan yang unik dan agak berbeda.

Ordinary: Jenis blog ini isinya menurut saya kayak gado-gado. Biasanya sih tulisannya sekitar kehidupan sehari-hari, macam-macam, ngalor-ngidul, campur-aduk. Walaupun begitu, saya sih tetep seneng-seneng aja bacanya, haha. Kejadian yang dialami setiap orang setiap hari kan beda-beda, jadi saya sih tetep tertarik dan seneng aja ngebacanya.

Lain-lain: Yaaah, yang lain-lain ini macem blog khusus yang isinya emang fokus tentang art & handcraft, auto, fansite, cinema, musik, tekno, …. Banyak lah. Kalo yang kayak gini, blognya emang dikhususin untuk ngebahas topik tertentu, jadi yaa saya bacanya juga sesuai dengan kegemaran dan kebutuhan aja.

Tipe apakah kamu?

.

NB: Dilarang percaya 100% dengan semua yang tertulis di sini. Tulisan ini hanyalah hasil pemikiran personal yang ditulis di saat seharusnya saya belajar untuk Ujian Akhir Semester esok hari. : P

6 thoughts on “Hasil Pengamatan dari Blog Walking Sana-Sini

    1. hoho blog kamu ga labil kok mel.. baguuus, memberi pencerahan. ada resep masakan juga lagi, bisa dicoba. :D

Leave a Reply

