Semester VI selesaaai!

Hari ini adalah penutupan semester VI yang saya rayakan dengan UAS Sistem Komunikasi II. UAS nya dahsyat lah susahnya, keterlaluan lah soalnya. Tapi….

pas keluar kelas malah ketawa-ketawa. hahahaa… Bukan ketawa karena kesukseskan mengerjakan UAS tentunya. Entahlah ini bentuk ketawa karena gila akibat pembantaian semester ini atau ketawa karena euforia berakhirnya semester sadis ini. hahahaaa, pokoknya hari ini bener-bener senang dan ketawa-ketawa lah!

Huaaah, senang banget sampai ga tau cara melampiaskan kesenangan ini lagi selain dengan senyum dan tertawa. Tadi abis ujian udah makan enak ama Ina, Ira, Timor, dan Amel di Steik Batu. Abis itu tuker-tukeran file film ama Ira juga (saking banyaknya, ga paham lagi deh cara nontonnya, hahaha).

Baiklah, daripada berlarut-larut terperangkap dalam euforia ini, saya akan me-review semester VI ini.

Semester VI. Saya ambil kuliah 19 SKS sajaaa karena semester sebelumnya IP bener-bener bungee jumping. 19 SKS yang terdiri dari 6 pelajaran yang masing-masing 3 SKS dan (banyak) praktikum yang terangkum dalam 1 SKS yang menyesatkan. Kenapa menyesatkan? Tentu saja! 5 mata praktikum dengan total 10 modul yang diselesaikan dalam waktu 1 bulan terangkum dalam 1 SKS! Kejamnya duniaaa… Andai saya bisa meminta kesamaan hak atas kewajiban yang saya laksanakan. Saya minta praktikum seperti itu berbobot minimal 5 SKS! hahaha

Oke, sudah cukup curahan tentang praktikumnya. Mari sekarang membahas 18 SKS yang lain…

1. Medan Elektromagnetik II oleh Bu Chairunnisa. Pelajaran ini menjadi begitu enak dan menyenangkan setelah diajarkan oleh Bu Nisa. Pembahasan materi oleh dosen cukup cepat, tapi akhirnya saya mengerti konsep stub dan cara menggunakan Smith Chart. Seperti kata pepatah: “Tidak ada kata terlambat untuk belajar”, apalagi untuk mengerti tentunya (pembelaan!). FYI, kuliah ini sering ditiadakan, tapi yang saya heran, semua bahan kok bisa disampaikan dengan baik yaa? Tapi, saya masih belum yakin dengan nilai yang akan saya peroleh dalam kuliah ini, masalahnya seiring meningkatnya pemahaman saya, meningkat pula ke-kreatifan sang dosen dalam membuat soal kuis dan ujian. -___-

2. Sistem Komunikasi II oleh Pak Sugihartono. Kuliah ini berbicara tentang sinyal, modulasi, lalalaa ga ngerti juga sih. Saya pikir mata kuliah ini akan lebih mudah daripada Siskom I (begitu kabar dari kakak angkatan), tapi ternyata sama saja nasibnya. Mata kuliah sulit dengan dosen yang baik insya Allah menghasilkan nilai yang baik. Lalu, bagaimana dengan mata kuliah sulit dengan dosen-yang-sangat-baik-tapi-jadi-pundung-karena-mahasiswanya? Wallahualam. Kita lihat saja nanti. Saya sendiri sudah pasrah dengan hasilnya. Kalo nilai saya jelek, berarti itu memang karena saya tidak mengerti. :D

3. Rekayasa Trafik Telekomunikasi oleh Pak Sigit H. Yup, menurut saya ini adalah kuliah dengan tingkat kemengertian tertinggi saya semester ini. Materi kuliahnya sendiri menurut saya cukup menarik, traffic, queuing, overflow, dan lain-lain. Kunci keberhasilan dalam kuliah ini adalah hadir before-time (karena kalo telat maka ga diabsen maka poin berkurang), bertanyalah pada sesi tanya jawab (apalagi kalo pertemuan sebelumnya ga masuk, maka nilai pertanyaan dapat meng-cover pengurangan nilai ketidakhadiran), belajar dari soal tahun lalu (sangat membantu saat kuis karena soalnya ga jauh beda), dan jangan berhenti menulis saat ujian (dengan waktu yang minim, soal yang jawabannya panjang, dan kecepatan menulis yang kurang dapat menyebabkan kurang waktu bin ga selesai). :)

4. Elektronika Komunikasi dan Gelombang Mikro oleh Pak Endon dan Pak Munir. Okeee, honestly mata kuliah ini menarik dan menyenangkan. Perancangan filter, mixer, RPI, osilator gtu. Suka lah saya ama yang begituan. Tapi itu lhooo, kalo kuis kok soalnya unpredictable banget yaa. No more comments lah untuk pelajaran ini. Berharap yang terbaik saja, hehe

5. Antena dan Propagasi Gelombang oleh Pak Herman Judawisastra. Akhirnyaaa, dapet juga mata kuliah ini. Deg-degan banget awalnya berhubung diajar oleh salah satu dosen yang sangat sangat disegani seluruh civitas Teknik Telekomunikasi (haha, agak lebay, tapi emang gtu sih kayaknya). Melihat hasil angkatan atas semester lalu, cukup miris. Tapi, akhirnya saya tidak asing dengan angka-angka itu. huhu.. Pelajarannya menurut saya menyenangkan. Kalo katanya Antena tuh sebanding ama Elektronika Daya-nya anak Power, saya kurang setuju sih. Emang ga tau sih pelajaran Elda kayak apa, tapi “Antena tuh sebenernya pelajarannya ga susah kalau kita mengerti” (quoted from Pak Herman) — semua pelajaran juga gtu. Yang menjebak di Antena adalah trivia-trivia yang seakan-akan seluruh manusia yang mengambil mata kuliah ini harus tau, mulai dari band frekuensi kerja satelit Palapa C, gain antena stub pendek, dan masih banyaaaaaak lagi trivia lainnya — yang kebanyakan saya ga tau makanya terjebak. Kalo dari hasil, yaaah ga bagus sih, mean nya rendah, variance nya juga rendah, ikut UAS pula. Berdoa sajalah…

6. Sistem Komunikasi Optik oleh Pak Hardi Nusantara. Ini pelajaran yang cukup menarik menurut saya. Sesuai judulnya, yang dibahas yaa tentang sistem komunikasi dengan fiber optik, optical source, photodetector, dan bagian lainnya. Enak pelajarannya, ditambah kelas yang sepi dan dosen yang cukup ramah dan baik, pas lah. Yang jadi masalah di kuliah ini adalah ketidaksinkronan antara dua dosen yang mengajar. Dosen A ngajar apa, dosen B lebih menekankan kemana, alhasil pas ujian KO deh. Trus yang paling ga nahan adalah jutaan rumus dalam satu babnya yang saya ga tau mana yang penting mana yang ga. Bayangin aja dalam satu bab bisa ada sekitar 50 persamaan rumus. Dan kita mempelajari 12 bab! Alhamdulillah pada saat UAS, dosen kelas saya berbaik hati dengan memperbolehkan catatan sebanyak 2 lembar A4. Sekali lagi, mari kita berdoa, semoga hasil yang diperoleh baik! :)

Begitulah sekilas info 6 mata kuliah yang saya ambil di semester ini di mana kesemua pelajaran wajib semester ini ada praktikumnya. GRAO! (Oke, mari stop pembahasan di sini sebelum ngedumel tentang praktikum lagi, haha!)

Yup, sekian aja deh.

Bye bye semester VI…! Semoga hasilnya gemilang!

Selamat berlibur bagi kawan-kawan yang merayakan… :)

*semester VI selesai berarti menuju semester VII berarti udah jadi mahasiswa tingkat akhir, aaaaaaaaaaa mendadak panik!!!

Leave a Reply

