Latihan Naik Kereta (part 1): Waktu Tempuh dan Estimasi Biaya Transport

Kamis, 27 Mei 2010

Seru banget hari ini! Jadi, saya dan tante saya (yang biasa saya panggil Bunda) jalan-jalan naek kereta dari Bekasi ke Jakarta. Tujuannya apalagi kalo bukan mengajarkan saya berkereta dengan baik dan benar, belajar menjadi roker sejati (rombongan kereta sejati — begitu istilah Bunda). Maklum, selama masa kerja praktek 2 bulan ke depan sepertinya saya bakal bergantung pada mass transportation yang satu ini. Dan tadi itu adalah kali kedua saya berkereta selama 21 tahun kehidupan saya! *norak* >.<

Selain cara berkereta dengan baik dan benar, sebenernya saya juga sekalian mengestimasi waktu tempuh perjalanan dan ongkos yang harus dikeluarkan. Tadi juga nyatet jadwal kereta Bekasi-Jakarta tiap pagi dan sore lhooo, hoho :D

Waktu tempuh dari rumah ke KPPTI:

Tadi dari rumah jalan sedikit ke jalan besar: 10 menit.

Naek angkot ke stasiun: 30 menit (bukan pas busy-hour).

Naek kereta ekspress: 30 menit.

Jalan kaki keluar stasiun Gambir + nyari ojeg: 10 menit (bukan pas busy hour)

Naek ojeg ke KPPTI: 15 menit.

Jalan dari depan kantor ke meja satpam: 5 menit.

Jadi, total waktu tempuh = 100 menit (ampuuuun tetep aja lamaaa -__-“).

Jangan lupa kalo kereta terpagi ke Gambir itu adalah Bekasi Ekspress jam 06.25, so gw harus berangkat dari rumah kira-kira 05.30 (takut telat, karena katanya kalo pagi arah ke stasiun macet gilaa!). Nyampe Gambir 07.00, trus nyampe ke Indosat 07.15. Lari-lari sampai absen di meja satpam, 07.20. Ga telat deh! (jam masuk untuk peserta KP tuh 07.30 seperti yang gw paparkan di postingan sebelumnya) :D

Biaya perhari:

Angkot pulang dan pergi: 2 x Rp3000

Kereta: 2 x Rp9000

Ojeg: Rp7000

Jadi, total biaya transportasi perhari = Rp31000

Oh God! Udah KP ga digaji, uang makan dari kantor cuma Rp15000 pula! :((

Biaya itu juga blom termasuk biaya angkutan dari kantor ke Gambir. Blom tau sih naek apaan, haha.. Nebeng temen yang bawa mobil ampe ke stasiun aja apa yaa? :P

Yahh, begitu deh kira-kira estimasi waktu tempuh ke kantor ama biaya transportasi saya selama KP. Ga heran pas Bunda bilang kalo di kantor-kantor itu biaya transport lebih gede dari biaya makan. -__-

Heeuuu, semangat aja deh! Gapapa deh biaya makan dan senang-senang berkurang drastis, siapa tau abis KP jadi bisa kurus, haha :))

Leave a Reply

