3 tahun yang lalu…

Kemarin saya ke Bandung (lagi), nemenin adek untuk USM ITB yang dilaksanakan hari ini dan besok (29 dan 30 Mei 2010).

Tadi pagi bangun pagi-pagi, siap-siap, trus berangkat. Berhubung tempat ujiannya bukan di kampus, jadi kita berangkat jam 6 pagi biar ga telat.

Hari masih pagi, tapi di tempat ujian, udah rame anak-anak berseragam SMA dan orang tua mereka. Jadi inget 3 tahun yang lalu…

3 tahun yang lalu saya blom kuliah, baru lulus kelas XII. Luntang-lantung ga jelas sedangkan teman-teman banyak yang udah dapet kuliah di sini di sana di mana-mana. Akhirnya orangtua menyuruh saya mencoba USM ITB terpusat. Awalnya saya ga kepikiran mau kuliah di Bandung, di ITB. H-1 pengembalian formulir, 3 kolom pilihan fakultas saya masih kosong. Akhirnya saya pilih fakultas berdasarkan passing grade yang ada di website ITB, yaitu STEI, Teknik Industri, dan FTTM.

H-1 ujian, saya tidur dengan nyenyak, sedangkan teman dekat saya yang juga ujian sibuk belajar. Bingung juga belajar apa untuk psikotes, akhirnya yaaa jalanin aja deh.

Hari-H ujian, Ibu saya semangat banget! Berangkat jam setengah 6 dari rumah saudara di daerah Moch.Ramdan. Sampai kampus jam 6, padahal ujian mulai jam 7.30. Inget banget waktu itu ruangan saya di gedung Mesin lantai 1, ruang 4002 kalo ga salah. Herannya, sepagi itu udah ada peserta lain yang nunggu juga lho.

2 hari ujian alhamdulillah lancar-lancar saja walaupun tanpa belajar. Bukan mau sombong, tapi emang karena ga ada keinginan sebesar itu untuk masuk ITB, saya jadi jalanin ujian tanpa beban. Hari-hari setelah ujian pun berlalu begitu saja, saya tetap ikut kelas intensif bimbel BTA, saya juga tetap ikut try-out nya. Hampir aja lupa sama pengumuman USM, sampai suatu hari temen saya bilang kalo pengumuman USM udah ada!

Akhirnya dengan kesabaran super, saya membuka pengumuman USM lewat web, dengan koneksi telkomnet instan! Hahaha, maklum saat itu blom ada internet di rumah. Daaaan…., alhamdulillah saya keterima di STEI! Saat itu juga saya shock dan teriak, karena senang, terharu, dan juga karena kaget kenapa saya masuk STEI. Tapi, saya tetap bersyukur karena keterima di STEI ITB yang kabarnya merupakan fakultas dengan passing grade tertinggi saat itu, saingan lah ama FKUI.

Sekarang udah 3 tahun lewat dari jaman itu, berarti udah 3 tahun juga kuliah di ITB. Sekarang giliran adek saya. Semoga dia bisa keterima di perguruan tinggi idamannya. :)

*saya yang sedang sendiri di kost-an menunggu adik selesai ujian dengan hati deg-degan dan terus berdoa yang terbaik untuk adik tersayang

Leave a Reply

