Udah dua minggu KP ternyata…

Sesuai judul, ga kerasa besok saya akan merayakan dua minggu kerja praktek saya di Indosat, Divisi Network Management (NM). Ga kerasa…sumpah ga kerasa banget.

Selama dua minggu ini, udah banyak banget yang saya dapet, walaupun semua itu masih sangat kurang dari cukup. Kerja praktek bener-bener menyadarkan saya bahwa ilmu-ilmu di perkuliahan itu masih kuraaang banget, apalagi untuk menunjang pekerjaan di sini yang teknis banget.

Jadi, apa aja yang di dapet selama dua minggu KP ini?

Sampai hari ini, saya udah dikasi tau caranya aktivasi jaringan, bikin proteksi jaringan, dan troubleshooting. Oke, untuk ketiga hal tersebut, tingkat kemengetahuan saya masih 1% kali ya. Kompleks banget ternyata yang namanya ngurusin jaringan domestik dan internasional.

Selain itu, saya juga udah masuk ke kulkas 3 kali dalam 2 minggu ini. Apa itu kulkas? Kulkas adalah sebutan saya untuk ruang tempat perangkat yang supeeer dingin karena banyak AC-nya. Setiap masuk kulkas saya menggigil, setelah keluar kulkas pasti saya langsung buang air kecil. :))

Di dalem kulkas, banyak banget perangkat-perangkat dalam jaringan, mulai dari SDH, ADM, dan singkatan-singkatan lainnya. Selain ‘sejuk’ dan penuh dengan alat-alat, yang bisa diliat di ruang alat ini adalah cable racks yang bejibun, kabel-kabel, dan fiber optic cable yang super banyak dan ruwet cem spaghetti. >.<

Oiya, alhamdulillah saya udah dapet mentor alias pembimbing untuk melancarkan pengerjaan laporan saya. Mentor saya adalah Pak Sumar, salah satu staff Circuit Management (subdiv di bawah NM gtu). Ama Pak Sumar, saya dikasi topik tentang ASON. ASON merupakan teknologi baru yang digunakan oleh Indosat. Teknologi ini setau saya merupakan teknologi SDH dengan kemampuan routing dinamis. Berhubung ini teknologi baru, jadi blom banyak juga orang NM yang bisa. Dan saya akan diajarkan secara cuma-cuma. Asiiiik… :)

Selain ilmu-ilmu baru itu, kemarin ini saya mendapatkan sebuah luka memar. Wow, apakah ada kekerasan dalam pekerjaan? Tentu saja tidak! Luka ini disebabkan kesalahan saya dalam menaiki kereta. Alih-alih menaiki kereta jurusan Bekasi, saya malah naek yang jurusan Bogor. Alhasil saya harus turun di Stasiun Kota untuk nunggu kereta jurusan Bekasi yang akan transit di sana. Pas kereta yang dinanti-nanti telah tiba, ampun ampun ampuuun, saya tergencet-gencet oleh orang-orang yang mau naek kereta. Rebut-rebutan gtu deh biar dapet kursi. Sampah! Sumpah yaa, orang-orang yang tadinya menunggu dengan manis, pas kereta berhenti tuh langsung kayak zombie yang kelaparan, atau seperti Ibu-Ibu yang melihat diskon 100%. Ngeriii -__-

Karena kejadian itu, lengan kiri saya mengalami luka sepanjang 5 cm (kayaknya sih gara-gara kena pinggiran kereta, untung aja ga tetanus!) ditambah dengan luka memar biru-ungu disekitarnya. Udah gtu, di dalem kereta ga dapet kursi pula. Kalo kata peribahasa: Sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Besokannya tangan kiri saya super pegel dan ga bertenaga, badan saya pun demam. Heuu ada-ada aja dah!

Sekian dulu deh cerita 2 minggu KP. Nantikan cerita selanjutnya! Jangan lupa cek http://kpceriaelmmvii.wordpress.com untuk membaca cerita-cerita KP yang laen. Salam KP! :P

Leave a Reply

