Business Etiquette

Hari ini tepat dua minggu saya ber-KP ria… Pagi-pagi, ngantor seperti biasa, dateng pagi, trus sarapan di kantor karena kepagian dan blom pada dateng. Oiya, heran deh, kenapa setiap Jumat entah mengapa ruang kantor sepi nian yaa. Mungkin udah menjelang weekend, pada males kerja. haha

Kerja hari ini cuma ampe jam 11.30, senangnyaaa. :D

Setelah shalat Jumat dan istirahat, ada forum belajar mahasiswa KP Indosat gtu, biasa disebut FBMaker. Dan hari ini adalah pertemuan pertama! Materi yang akan diberikan adalah tentang “Business Etiquette”.

*pas tau materinya, langsung stress karena prakteknya pasti susah*

Dalam training ini, diberikan materi mulai dari cara senyum, bersalaman, berpakaian, berdiri, duduk, mengambil barang yang jatuh, dll. Ternyata hal-hal kayak gini penting banget lho, dan cukup jadi perhatian juga kalo kita sedang interview atau bertemu relasi bisnis.

Mau share aja beberapa poin yang tadi diberikan di training itu.

  1. Senyumlah dari dalam hati, berikan kesan ramah. Jaga kontak mata.
  2. Salaman genggam secukupnya, jangan terlalu keras, jangan terlalu diayun, berikan anggukan yang elegan dan seperlunya.
  3. Pakaian untuk pagi-siang hari itu bernilai 6-9 poin. Poin ini dihitung berdasarkan jumlah item yang digunakan. Misalnya saya: memakai kacamata, kalung, baju, belt, celana panjang, sepatu, maka poinnya 6.
  4. Untuk cewe: sisirlah rambut dengan rapi, kalo pake jepit jangan pake jepit buaya kayak buat mandi atau pake karet rambut, yang berjilbab gunakanlah yang motifnya tidak terlalu ramai. Sepatu katanya standar internasional-nya pake heels 5cm. orz.
  5. Untuk cowo: kalo pake kemeja bagusnya dimasukin ke celana, trus pake sabuk. Warna sabuk samakan dengan warna sepatu. Warna kaus kaki samakan dengan warna celana.
  6. Umum: gunakan baju yang sesuai umur dan event. Gunakan warna muda saat pagi-siang, dan gelap untuk malam hari.
  7. Berdiri yang tegap. Kalo cowo biasa aja, tangan di samping badan. Kalo cewe lagi-lagi rada ribet, kaki kanan agak lebih depan dari kaki kiri, trus tangannya di samping atau di depan kayak presenter atau paduan suara.
  8. Kuku tangan yang bersih, yang rapi. Jangan kuku panjang satu jari doang kayak mang-mang. Kalo dipanjangin juga secukupnya aja (dengan panjang yang sama tentunya). Yang bersih juga, jangan item-item gtu.
  9. Untuk duduk dan mengambil barang, jangan ampe kita ngebelakangin lawan bicara. Jadi kalo mau duduk yaa mundur pelan-pelan. Kalo mau ambil barang jatuh yaa kayak mau jongkok.

Itu sih poin-poin yang saya inget. Agak lupa-lupa juga, soalnya banyak dan ribet, haha

Oiya, tadi juga dipraktekin gimana kalo kita mau masuk ruang interview. Ketok pintu, ucapkan salam, jalan dengan pandangan lurus, jaga kontak mata dengan orang yang kita datangi, berikan jabat tangan, dan tetap berikan kesan ramah, trus duduk saat dipersilakan. Gtu…

Alhamdulillah pas training tadi poin pakaian saya udah pas, rambut saya yang lagi keriting-parah-dan-ga-terselamatkan ama kuku-tangan-yang-udah-lama-ga-dipotong juga alhamdulillah lulus inspeksi. Paling masih salah-salah di cara duduk dan ambil barang. Haha

Dari training yang tadi saya ikutin, terbukti yaa tata dan etika untuk cewe lebih ribet daripada cowo. Dan kata si trainer, ini istilahnya baru kulitnya doang. Karena masih banyak lagi aturan table manner dll yang lebih ribet. Training kayak gini doang tuh harusnya diselesain dalam 2 hari dengan biaya yang lumayan mahal (2-3 jutaan katanya mah). Yahh setidaknya kita pernah tau ama yang kayak gini. Mungkin ntar ada gunanya saat kita udah terjun ke dunia bisnis dan profesional. :P

Sekian aja temans, semoga materi yang saya share di sini berguna yaa. Silakan dipraktekan. Haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s