Ghostwriter Movie: entah saya yang dodol atau filmnya memang …

Sekitar satu jam yang lalu, baru aja gw nyampe kosan, abis nonton bareng copi, intan, ira. Sejak masih berada di dalem bioskop, tangan gw sesungguhnya udah gatel banget pengen nulis postingan ini. Jadi, sok aja check this out! :D

So, rencananya tadi kita berniat nonton The Expendable yang katanya film action bertabur bintang. Udah semangat 45 mau ketemu Jason Statham ternyata studionya penuh sampai tengah malam. wth!

Karena bingung mau nonton apa, akhirnya kita nanya ke mbak mbak kasir. “Ghostwriter tentang apa mbak?” “Yah film serem gtu lah.” Yasuwdahlah akhirnya kita membeli tiket dan menyiapkan tekad untuk nonton film yang katanya (dan terdengarnya) horror itu. “Yaudahlah, buy 1 get 1 ini, murah kok!” *mahasiswa belaga tajir*

Dan ternyata oh ternyata, Ghostwriter bukan film horror! Film ini bercerita tentang ghostwriter alias penulis memoir orang (oh gw baru tau kalo penulis memoir itu disebutnya ghost atau ghostwriter -__-“).

ghostwriter is a professional writer who is paid to write books, articles, stories, reports, or other texts that are officially credited to another person. Celebrities, executives, and political leaders often hire ghostwriters to draft or edit autobiographies, magazine articles, or other written material. (Source: wikipedia)

Yang main film ini adalah Ewan McGregor (yang juga main di film Angels and Demons) dan Pierce Brosnan.

Jadi yaa seperti judulnya, Ghostwriter (director: Roman Polanski), film ini menceritakan kisah si Ewan McGregor sebagai ghostwriternya Pierce Brosnan (a.k.a Adam Lang) yang merupakan mantan Perdana Menteri.

The Ghost (begitu film ini menyebutnya) ditugaskan untuk membuat memoir dari Adam Lang, seorang mantan Perdana Menteri. Di perjalanan membuat memoir yang cukup singkat itu, akhirnya dia menemukan fakta-fakta tentang kehidupan si tokoh politik ini. Walaupun begitu, tetep aja dia ga tau apa yang sebenernya terjadi, siapa yang sebenernya apa, pokoknya misteri banget lah hidup si Adam Lang ini. Kejadian demi kejadian pokoknya diceritakan dengan misterius, penggambarannya pun agak suram menurut gw, dimana-mana cuma keliatan warna-warna hitam, putih, coklat, dan abu-abu. :p

Jujur aja gw sulit banget mencerna film berdurasi 128 menit ini. Entah mengapa. Mungkin karena topik yang diangkat berkaitan dengan politik yang menurut gw merupakan hal tersulit untuk dicerna di dunia. Sampai 5 menit sebelum film ini berakhir gw masih menerka-nerka maksud film ini, apa kepentingan si ini, apa maksud si itu, dan sebagainya. Mungkin film nya emang kurang cocok dengan otak gw yang malas berpikir ini.

Film ini flownya cukup lambat (atau emang udah ga bisa dicepetin lagi yaa?). Di kala dua orang teman gw udah tidur nyenyak dan merasakan sensasi Inception, gw memang masih melek dan tetap serius menonton film ini sampai habis sambil bersenandung “mau dibawaaa kemanaaa ceritaaa iniii”. Bukan karena gw sok ngerti apalagi mengerti, tapi lebih karena sensasi perut gw yang bergejolah setelah makan Bebek Slamet. -.-

Dari film ini yang gw dapet sih: dunia politik emang paling ga bisa gw ngerti. Gw ga tau siapa yang bener siapa yang salah, abu abu semuanya. Mungkin itu yang nantinya diperlukan kalo emang mau jadi tokoh politik: jago akting!

Terusss, oh iya kalo berdasarkan film ini ternyata ghostwriter tuh ga pernah diundang saat peluncuran buku yang dia tulis. Ga paham deh. Kasian banget udah capek capek, ga terkenal. Yang terkenal malah si agen yang punya proyek penerbitan buku itu.

Yang gw suka dari film ini palingan ruang kerja di rumah si Adam Lang yang langsung menghadap pantai. Uwww, tentram banget kayaknya hidup tiap hari liat pantai yang sepi dan hening. :D

Dan terakhir, yang gw suka dari film ini adalah mobil BMW yang dipake sama The Ghost pas di kediaman Adam Lang. Kyaaa kok mobilnya bagus dan canggih yaa. Ada BMW Connected Drive nya gtu. Gaul! *norak :P

Sekian saja cuap-cuap malam gw. Untuk yang sepertinya underestimate dengan film ini setelah membaca postingan gw, eh jangan salah… film ini ratingnya cukup bagus lho. Mungkin emang bagus tapi gw nya aja yang ga ngerti:

Tomatometer di rottentomato.com : 84%

imdb user rating : 7.6

Yang tertarik, sok ajaa nonton, trus jangan lupa jelasin ke gw tentang ceritanya. makasih :P

One thought on “Ghostwriter Movie: entah saya yang dodol atau filmnya memang …

  1. yg membingungkan bagi w dr flim ini pd akhir ceritax..expresi istrix setelah melihat tulisan sandi takut syok atau apa ya?? & kematian penulis disengaja atau tidak.. bingung bingung bingung..hahaha

Leave a Reply

