titik kecil di alam semesta

So, tadi tengah malam sebelum tidur gw dan adik sedang menikmati masakan tengah malam kita sambil nonton Discovery Channel. Channel tersebut sedang menayangkan peluncuran Satelit Hubble. Hmm cool!

Dari gambar-gambar yang terekam satelit itulah muncul obrolan dan segala pertanyaan ini dengan adek.

Kita ini hidup di Bumi, di dalam tata surya bintang besar bernama Matahari. Tata surya kita tergolong kecil kalo dibandingin lainnya di Galaksi Bima Sakti ini. Matahari aja blom seberapanya bintang-bintang lain di luar sana. Berarti kita ini, manusia, cuma setitik kecil makhluk di atas bumi yang kecil di dalam tata surya yang kecil di dalam galaksi yang entah seberapa luasnya. Subhanallah… Dunia itu sungguh superluas dan yang kita ketahui ini can aya sacuil-sacuil acan.

Terus gw dan adik berpikir, misi peluncuran ke luar tata surya aja udah susah untuk dilakuin. Memakan biaya besar dan waktu superlama. So, gimana yaa kita bisa tau bentuk galaksi kita? Apalagi bentuk galaksi tetangga??? Kalo dari logika gw rendah ini, gw mikirnya untuk memfoto suatu objek, maka dibutuhkan kamera atau alat pencitra lainnya yang melihat ke objek tersebut dari jarak tertentu sehingga terlihat jelas wujudnya. Trus kalo mau foto galaksi gimana caranya tuh? Gw blom mencari tau sih, jadi pertanyaan ini masih misteri banget untuk gw.

siapapun yang bisa jawab, share dong please please, penasaran nih >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s