bike to campus :)

Yeayyy!

Akhirnya impian punya sepeda sejak tingkat satu terkabul juga di tingkat empat ini. :’) (basi sekaliiiii!)

Sungguh, dari dulu tuh pengen banget punya sepeda. Alasannya yaa karena kampus deket, naek angkot nanggung, bawa motor males, bawa mobil ribet parkir, jalan kaki males, ngesot pegel, kayang capek. Sepeda udah pilihan tepat banget lah!

So, setelah memohon-mohon akhirnya kemaren ini dibeliin juga sepeda listrik yang biasa dikenal sebagai betrix a.k.a. bebek listrik.

Sepedanya sendiri dibeli di outlet betrix di deket rumah (Bekasi). Tapi, karena digunakan untuk keperluan di Bandung, sepedanya minta di kirim dari outlet di Bandung. (oiya, pusatnya sendiri ternyata di Bandung lhoh)

Ini dia sepeda ekeu, betrix the ice warna merah:

Kenapa pilih sepeda listrik?

Yaa tentu aja biar nyaman, cepet (up to 40 kmph lho! lumayan), ga usah pake STNK, dan tetap bisa parkir di dalem kampus. Selain itu, letak kost gw di Cisitu-yang-tanjakannya-ga-nahan semakin mendorong gw memilih sepeda listrik alih-alih sepeda gunung, sepeda lipat, sepeda fixie, dan sepeda-sepedaan lainnya.

Kenapa hampir kayak motor tapi ga perlu SIM dan STNK?

Denger-denger sih kalo dikonversi ini masih di bawah 50 cc, setara 35 cc lah. Nah, cc segitu menurut peraturan sih blom perlu STNK. Trus, sebenernya juga penggunaan sepeda listrik membutuhkan SIM, yaitu jenis SIM D yang di Indonesia blom marak digunakan dan blom banyak dipublikasikan. Jadi, simple deh ga usah urus ini itu. :D

Setelah coba pulang-pergi ke kampus dengan sepeda hari ini, komentar gw: ASIK!

Naek sepeda untuk berangkat ke kampus bener-bener nikmat lah. Ga lama karena nungguin angkot ngetem. Dan ga perlu gowes capek-capek karena jalan ke kampus turunan semua. XD

Pas pulang juga ga terlalu masalah. Di tanjakan curam yang bikin ngos-ngosan kita bisa nge-gas dikit alih-alih ganti gigi (kalo di sepeda biasa) biar gowesan makin ringan. Kalo emang ga mau gowes sama sekali yaa tinggal di gas terus aja sih, tapi kan jadi ga ada olahraganya sama sekali. :P

Eh iya, gw sendiri kan ga bisa naek motor ya, tapi pake ini ga terlalu memberatkan kok. Tadi pertama coba alhamdulillah langsung lancar. :’)

Kendala gw selama bersepeda tuh cuma satu, yaitu ga bisa menaklukan belokan tajam yang sempit seperti di gang kosan gw. Alhasil yaa hari ini udah dua kali jatuh di situ, sekali pas berangkat, dan sekali pas pulang ke kosan. -__-

Oh iya, ada satu lagi sih kelemahan gw: gw ga bisa bawa sepeda pelan-pelan, misalnya kondisi jalan padat merayap atau sambil ngiringin orang jalan. Yang ada malah limbung, stang sepeda belok-belok. Heuuu keseimbangan dan motorik gw memang lemah.

Tapi yaa no problem sih. Naik sepeda tetap menyenangkan! :)

Hmm setelah baca manual book dan denger keterangan dari si mas-mas betrix, ternyata perawatan betrix ga ribet-ribet amat. Yang penting jaga baterai (accu)-nya aja sih.

Kalo bisa charge tiap hari, jangan nunggu ampe abis banget. (Kapasitas baterainya sendiri bisa diliat dari lampu indikator. Ada 4 lampu indikator. Redupnya satu lampu indikator menandakan kebutuhan charging sekitar 2 jam.)

Charge secukupnya aja. Jangan overcharge, nanti baterai nya bocor.

Kalo hujan, jagain si stang kanan (untuk nge-gas) jangan ampe kebasahan. Karena itu terhubung sama dinamo blablabla. Intinya kalo kebasahan bisa rusak.

Trus kalo pas dipake mau di gas, sebaiknya di gowes dulu sambil transisi ke gas.

dsb dsb dsb…

Cukup simple deh. Semoga aja sepedanya awet, baterai nya awet.

Yap, sekian aja deh sharing infonya.

gw yang masih semangat bersepeda :P

6 thoughts on “bike to campus :)

    1. heuuu makasi banget deh boy!
      tadi aja pas tanjakan cisitu gw udah nahan-nahan ga nge-gas ampe pol karena bareng adit, mau mati rasanyaaa >.<

    1. kan di deket stang ada indikator baterai, jadi sebelum baterainya di charge biasa aku cek sisanya berapa bar lagi.
      kalo ga salah sih mas mas betrix waktu itu kasi tau kalo 1 bar = 2 jam… jadi kalo dari nol banget kira-kira 8 jam.
      aku biasa pake ilmu kira-kira sih hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s