Galelobot 2010

Galelobot (Ganesha Line Follower Robot) 2010 adalah kompetisi yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik Institut Teknologi Bandung (HMFT ITB). Pada tahun ini, Galelobot 2010 merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara peringatan 60 Tahun Teknik Fisika.

Galelobot dilaksanakan untuk mendorong perkembangan Line Follower Robot di Indonesia. Acara ini juga bertujuan sebagai wadah bagi seluruh mahasiswa di Indonesia untuk mengembangkan minat di bidang robotika terutama robot sederhana yang berbasis mikrokontroler, yaitu Line Follower Robot.

Line Follower Robot adalah merupakan mesin yang dapat bergerak sendiri untuk mengikuti lintasan berbentuk garis secara otomatis. Garis lintasan yang dilalui memiliki lebar tertentu dengan warna hitam, putih, atau warna lainnya. Lintasan yang dilalui tidak hanya berbentuk garis lurus, namun juga memiliki rintangan-rintangan yang menguji kreativitas peserta dalam menyusun algoritma.

Peserta Galelobot terdiri dari mahasiswa yang memiliki minat dan kompetensi dalam bidang robotika. Acara ini terbuka untuk seluruh civitas akademik ITB dan masyarakat umum.

Galelobot 2010 berlangsung dalam 2 hari, yaitu pada tanggal 5 dan 6 November 2010 dan bertempat di Aula Barat ITB. Pada hari pertama (5 November 2010), dari 150 tim terdaftar, dilakukan kualifikasi untuk didapat 32 tim yang akan melaju ke babak selanjutnya. Pada tahap kualifikasi ini, dari 150 tim yang terdaftar, hanya kurang dari 20 tim yang berhasil menyelesaikan lintasan sehingga untuk memperoleh 32 tim diperhitungkanlah tim yang terjauh dan tercepat melalui lintasan. Lintasan pada tahap kualifikasi telah diberitahukan kepada peserta perlombaan sebelum perlombaan dilaksanakan. Bentuk lintasan yang harus dilewati para robot line follower adalah seperti pada gambar berikut:

Lintasan Tahap Kualifikasi Galelobot 2010

Hari kedua (6 November 2010), pertandingan dimulai pada pukul 08.00. Lintasan perlombaan yang akan digunakan diperbaharui dan baru diberitahukan kepada para peserta pada pagi hari. Setelah itu, 32 tim yang lolos diberi kesempatan untuk membawa robotnya selama satu jam sebelum dikarantina kembali oleh panitia. Waktu satu jam ini tentunya dipergunakan untuk melakukan setting terhadap robot dan pengubahan terhadap algoritma sehingga sesuai dengan lintasan perlombaan yang harus dilewati.

 

Suasana Persiapan Salah Satu Tim pada Tahap 32 Besar

Dengan menggunakan sistem gugur, perlombaan hari kedua ini mengeliminasi peserta lomba dari 32 tim, menjadi 16 tim, 8 tim, 4 tim, dan kemudian 2 tim. Setelah itu dilakukanlah pertandingan final dan perebutan juara ketiga. Galelobot 2010 akhirnya selesai pada pukul 21.30 dengan pemenang tim Mupat D3S4 dari SMK Mudapatria Jogja. Gelar juara kedua diperoleh tim Balaputra Dewa dari Teknik Elektro ITB, sedangkan juara ketiga dimenangkan oleh tim Fouye_08 dari UNJ.

Sumber:

pengamatan langsung, wawancara

web, FB, twitter Galelobot dan 60 Tahun Teknik Fisika

majulah robotika Indonesia! :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s