Review Semester VII

Semester VII sebagai mahasiswa Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung akhirnya berakhir. Semester ini saya mengambil 22 SKS, 8 mata kuliah. Kredit terbanyak yang pernah saya ambil selama kuliah.

ET4080 Perancangan Sistem Baseband (3 SKS)

Kuliah yang menurut saya tidak jelas. Entah mengapa saya ga terlalu mendapatkan ilmu dari kuliah ini. Andai saja kuliah ini bukan wajib ET, mungkin ga akan saya ambil. Kuliah ini mempelajari mikrokontroller yang sudah kuno dan tidak berkembang lagi. Kalau di jurusan Elektro, kuliah ini serupa dengan Sismik. Selain perkuliahan biasa, kuliah ini juga ada praktikumnya. Praktikum terdiri dari 6 Lab yang dirangkum dalam 2 Modul dan diselesaikan dalam 2 kali percobaan. Karena kurangnya penjelasan mengenai kode-kode yang digunakan dalam mikrokontroller dalam perkuliahan, maka agak sulit ketika harus mengerjakan Latihan Mandiri praktikum dan mengerti kode-kode tersebut.

ET4288 Infrastruktur Berbasis IP dan Jaringan Optik (3 SKS)

Awalnya saya berekspektasi kalau kuliah ini akan serupa dengan SKO (Sistem Komunikasi Optik) yang saya ambil di semester VI. Ternyata saya salah. Kuliah ini lebih mempelajari tentang jaringan yang berbasis optik dan IP, misalnya PON, MPLS, dsb. Yang kurang dari mata kuliah ini menurut saya adalah tidak adanya silabus yang jelas sehingga saya bingung tentang materi apa saja yang akan diberikan. Dari 3 SKS yang dikreditkan, kuliah ini hanya berlangsung selama 2 jam setiap minggunya. Tidak ada UTS dan UAS dari mata kuliah ini, sebagai gantinya setiap kelompok mahasiswa diberikan tugas untuk membuat program untuk menghitungan EDFA dan Link Budget dengan kode yang berbeda-beda (Matlab, Excel, Java, Visual Basic, C). Oiya, sebaiknya kuliah ini diambil se-paket dengan Kapita Selekta. Cukup menguntungkan dari segi waktu karena di kuliah umum yang diadakan 1-2 minggu sekali terdapat 2 daftar presensi, IP Optik dan Kapsel. :p

ET4066 Manajemen Proyek dan Layanan Telekomunikasi (3 SKS)

Pada mata kuliah ini, kita diajarkan bagaimana bila menjadi Project Manager untuk suatu proyek layanan atau produk telekomunikasi. Cukup banyak ilmu yang diperoleh dari mata kuliah ini, antara lain cara membuat project charter, time schedule, gantt chart, cost budgeting, dsb. Kuliahnya sendiri menyenangkan, hanya saja banyaknya tulisan dan sedikit hitung-hitungan cukup membuat kelas menjadi limbo. Jangan malas masuk kuliah ini, karena ada aturan minimum kehadiran. :D

ET4082 Sistem Komunikasi Satelit, Terestrial, dan Broadcast (3 SKS)

Kuliah yang menarik. Lanjutan dari Antena. Mata kuliah ini mengajarkan kita bagaimana pengaruh rain fading, atenuasi/redaman, difraksi, dan lain-lain. Selain itu diajarkan pula bagaimana membuat model WiMax seperti yang diajarkan di mata kuliah Sistem Komunikasi Selular. Beberapa tugas yang diberikan di kuliah ini cukup menarik, misalnya melakukan perancangan sistem wireless dari kampus ke PVJ, dari sini ke situ, dan sebagainya.

ET3087 Antena dan Propagasi Gelombang (3 SKS)

Kuliah ngulang! Yap, semester yang lalu saya tidak lulus kuliah ini sehingga saya harus mengulangnya kembali. Kuliah ini mempelajari Antena dari yang paling dasar; gain, direktivitas, dll. Diajarkan pula susunan antena, dan propagasi seperti troposcatter, sky wave, ground wave, dan sebagainya. Sistem evaluasi yang digunakan masih sama; diadakan 7 kali kuis dan diambil 5 nilai terbaik. Ada UTS juga yang bernilai 50%. Kemudian dilaksanakan UAS bagi peserta kelas yang nilai akhirnya belum lulus. Alhamdulillah dikali kedua saya ambil mata kuliah ini saya lulus tanpa UAS dengan nilai cukup baik, AB. Ternyata ngulang ga seburuk itu rasanya :)

ET2092 Probabilitas dan Statistika (3 SKS)

Lagi-lagi kuliah ngulang! Saya tidak lulus kuliah yang seharusnya diambil di semester V ini. Kuliahnya yaa tentang probabilitas dan probabilitas, eh probabilitas dan (sedikit) statistika. Kali kedua saya mengambil kuliah ini tidak terlalu buruk walaupun hasil UTS saya cukup jelek. Saya cukup mengerti materi yang diajarkan, namuuun penilaian yang biner membuat saya cukup takut karena sedikit kesalahan di jawaban akhir sama dengan fatal! Cara kerja sepertinya tidak dilihat. :'(

ET2080 Jaringan Telekomunikasi (3 SKS)

Kuliah nyuci! Yap, kuliah ini seharusnya diambil di semester 4 dan saya sebenarnya sudah lulus. Namun, apa daya sebagai manusia memang saya tidak pernah puas sehingga saya memutuskan untuk mencuci nilai C saya pada semester ini. Saya nobatkan kuliah ini sebagai kuliah termenarik semester ini. Tidak pernah kuliah, tidak ada UTS, apalagi UAS. Penilaian hanya diambil dari tugas resume mengenai beberapa teknologi dalam jaringan telekomunikasi, seperti: Power Line Communication, GEPON, Cloud Computing, dan CWDM vs DWDM (yang saya post juga di blog ini). Tinggal berdoa saja semoga nilai yang keluar nanti akan bagus. :’)

ET4284 Kapita Selekta Telekomunikasi (1 SKS)

Kuliah wajib telkom berkredit 1 SKS. Kuliahnya sangat menarik. Setiap satu atau dua minggu sekali diadakan kuliah umum yang mendatangkan pembicara-pembicara dari industri telekomunikasi. Dari kuliah ini, banyak banget pengetahuan yang diperoleh mengenai perkembangan terkini bisnis telekomunikasi. Tidak ada UTS, tidak ada UAS. Evaluasi hanya dilakukan melalui tugas resume yang dilakukan secara berkelompok. Dan setiap kuliah hanya 1-2 kelompok yang bertugas mengerjakan resume tersebut. Nice!

Sekian review semester VII. Sekarang tinggal berdoa semoga hasil semester ini gemilang. Amin :)

Leave a Reply

