bola salju

Tadi pagi, seperti biasa, bangun tidur saya turun ke bawah. Minum dan membaca koran. Kebetulan di rumah berlangganan koran Kompas, jadi tiap hari ada bahan bacaan. :)

Nah di koran hari ini, saya membaca kolom Parodi di bagian Tren yang ditulis oleh Samuel Mulia.

Di kolom itu ada cerita mengenai seorang pegawai yang berangkat kerja di pagi hari dengan menggunakan taksi. Tarif taksi tersebut 15ribu, lalu ia bayar dengan uang 20ribu.

“Kembaliannya ambil aja, Pak,” kata si pegawai. Mungkin pagi ini dia lagi baik dan senang hati.

Setelah itu, si supir taksi sarapan pagi dulu di sebuah warteg. Karena dapat rezeki lebih, akhirnya supir taksi membayar lebih makanan yang dibelinya di warteg itu.

Siang harinya, anak si pemilik warteg mau berangkat ke sekolah. Karena ibu nya dapat uang lebih, akhirnya uang jajan si anak dilebihkan sedikit. Di jalan menuju sekolah, si anak pun akhirnya membeli dua roti dan membagi satu roti untuk temannya.

Begitulah kebaikan, bergulir terus seperti bola salju.

Kira-kira gitu cerita di koran tadi.

Tapiii, kalo menurut saya, bukan kebaikan aja yang bergulir seperti bola salju, tapi semua yang kita perbuat.

Misalkan kita bete, marah-marah ke temen kita, mood temen kita bakal rusak, terus dia meneruskan marah tersebut ke orang lain lagi, gitu terus entah sampai siapa yang jadi ikutan ngambek. Kita ga bakal nyangka kan efek perbuatan kita ke orang lain itu bakal ‘kecipratan’ ampe siapa.

Makanya, mendingan kita berbuat baik dan ramah. Orang lain jadi seneng dan membuat orang lain jadi seneng juga. Mungkin kebaikan yang dimaksud ga usah dinilai berupa materi kayak cerita di atas, tapi cukup dengan senyum dan selalu bersikap ramah kepada orang lain. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s