King’s Speech (2010)

Because I have a right to be heard. I have a voice!

Sejujurnya ini adalah film yang dirilis akhir tahun 2010. Namun, karena padatnya kesibukan (ga juga sih) akhirnya film ini baru sempat saya saksikan di bioskop sekitar dua minggu yang lalu. :’)

Di tengah keringnya film bagus di dunia per-bioskop-an, akhirnya ada film yang super layak tonton banget. Ya. Film “King’s Speech” ini!

Film ini berlatarkan Inggris tahun 1930-an, menceritakan Prince Albert (diperankan Colin Firth), Duke of York, yang menderita stammer (gagap). Hal tersebut menjadi sangat sangat masalah ketika ayahnya, King George V (Michael Gambon), meninggal dan kakaknya, Prince Edward (Guy Pearce), yang seharusnya melanjutkan tahta ayahnya malah terlibat kontroversi dan memutuskan untuk tidak menjadi raja, sehingga otomatis Prince Albert lah yang memegang tahta kerajaan dan kemudian dikenal sebagai King George VI.

Ketika Prince Albert (Bertie) menyampaikan pidato pertamanya di depan umum, kegagapan menjadi hal yang sangat memalukan baginya. Berbagai macam metode pengobatan telah dicoba, namun nampak tidak ada hasilnya. Istrinya, Elizabeth Bowes-Lyon (Helena Bonham-Carter) akhirnya menemui seorang terapis, Lionel Logue (Geoffrey Rush), dan meminta tolong kepadanya untuk mengatasi kegagapan Bertie.

Proses terapi ini memang berjalan kurang mulus pada awalnya karena metode-metode yang dilakukan Lionel sangat tidak lazim. Bertie yang high-temper pun tampak agak sulit diubah pemikirannya. Setelah menjadi raja, akhirnya Bertie harus menyampaikan pidato pertamanya mengenai kesatuan rakyat Inggris dan deklarasi perang dengan Jerman.

Sejujurnya, film ini merupakan film yang mudah ditebak. Namun, alur cerita yang mengalir dengan enak sungguh tidak membuat bosan. Persahabatan antara Bertie dan Lionel terbangun begitu natural, ga tiba-tiba, ga dadakan.

Film ini ga melulu drama. Ada drama, ada lucunya juga. Porsinya pas. Ada juga saat-saat saya gemes dan ikut deg-degan saat Bertie akan berpidato. :D

Pemeran-pemeran dalam film ini emang menunjukkan kelasnya lah. Ga salah banget pilih Colin Firth, Geoffrey Rush, dan Helena Bonham-Carter sebagai pemeran utama. Selain didukung artis-artis ternama, setting film ini juga ga setengah-setengah. Cerita, latar, pemain bener-bener digarap dengan baik.

Karena film ini berdasarkan kisah nyata, setelah menonton saya pun langsung men-googling tentang keluarga Kerajaan Inggris. Dan emang benar gtu. King George VI menderita gagap, left-handed yang dipaksa right-handed, ada masalah di perut dan kaki. Hmm… Orang bernama Lionel Logue itu juga beneran ada! Wah bener-bener orang penting dalam sejarah nih. Coba kalo ga ada dia, King George VI ga bisa berpidato di depan khalayak ramai. Pidato pertamanya kan mengenai kesatuan rakyat Inggris dalam menghadapi perang dengan Jerman. Ga kebayang lah gimana sejarah berubah kalo pidato tersebut ga disampaikan dengan baik. :)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s