sepeda di kampusku tidak aman :(

Akhir-akhir ini banyak sekali teman saya yang kehilangan sepeda, sebut saja Ikin dan Sagab. Sepeda yang sering mereka kendarai ke kampus tiba-tiba lenyap ditelan bumi. Eh ga juga sih. Pokoknya ilang! Ga ada di tempat mereka parkir. :'(

Dan hari ini, saat teman saya, sebut saja Dida, akan berangkat ke tempat les dari kampus, ia mendapati bahwa posisi sepedanya agak aneh, miring, berantakan. Dan setelah dicermati, rantai gembok sepedanya seperti bekas diiris, namun belum putus. Alhamdulillah.

Saya sendiri sebenernya sempat menggunakan sepeda ke kampus walaupun akhir-akhir ini sangat jarang karena cuaca yang tidak bersahabat dan keamanan di kampus yang buruk. :(

Selain teman-teman dekat saya, kehilangan sepeda sudah sering terjadi di kampus saya. Suatu waktu kabarnya seorang pencuri sepeda malah sempat ke-gap dan digebukin massal. Mamam! Eat that!

Menurut saya, maraknya pencurian sepeda ini tentu bukan ulah satu orang. Mungkin ada mafia pencuri sepeda atau lebih keren disebut sindikat pencuri sepeda. Hmm… Sepeda hasil curian, utuh maupun per parts, pastinya akan dapat dijual dengan mudah berhubung sekarang sepeda lagi nge-trend lagi.

Jadi, tindakan preventif apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga sepeda kita?

Menggunakan rantai gembok dari rantai besi beneran sepertinya hal yang paling mudah. Si pencuri tentunya akan kesulitan membongkarnya. Tentunya ia tidak ingin mencuri perhatian dengan membawa palu dan memukul-mukul rantai besi itu sampai kebuka kan?

Double gembok. Gembok ban-nya, gembok frame-nya. Ribet-ribet deh tuh yang mau bongkar. Lebih pol lagi triple gembok. Gembok kedua ban, gembok frame-nya juga. Hmm… Eh ini mah ribet juga sih si pengguna sepedanya. -_-

Lepas stang sepeda kalo lagi ga dipake. Ribet sih. Ada ga ya stang yang bisa dilepas-lepas gini? Kayak mobil Mr.Bean gtu. Kenapa stang? Ya kalo ga ada stang kan susah juga ngendarainnya gimana, mau menumpu tangan di mana, mau ngarahin sepedanya gimana.

Tadi sempat kepikiran tentang sistem parkir sepeda di kampus, kok kayaknya minim banget ya? Udah minim, ga aman pula. Mungkin perlu dipasang satu satpam di setiap spot parkir sepeda. Atau kalo ga, parkirannya dibikin super aman. Jadi parkirannya terdiri dari slot-slot untuk meletakkan sepeda. Slot yang kosong bisa diaktifkan dengan sidik jari. Masukkan sepeda. Lalu, sepeda tersebut nanti akan dikunci di bagian frame dan kedua rodanya. Untuk membukanya ya pake sidik jari lagi. Canggih dan gaul kan? B-)

Mungkin ga ya kampus buat parkiran sepeda kayak gitu?

(You wish! Ngayal aja!)

Yah sekarang doa aja deh supaya keamanan di kampus makin oke dan kasus kehilangan sepeda berkurang. Amin.

random. ngayal malem-malem.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s