Review Semester VIII

My last semester has ended, yeay!!!

Semester ini saya mengambil 6 mata kuliah dengan 16 SKS.

  • EL3008 – Pengolahan Citra Digital (3 SKS)

Kuliahnya menarik, walaupun ini blunder terbesar saya semester ini. Maklum ga ngerti apa-apa tiba-tiba ambil kuliah kayak gini. Hahahaaa…

Selama perkuliahan nanti bakal dikasi sekitar 7 modul praktikum untuk dikerjakan setiap minggunya. Dari praktikum-praktikum mandiri itu akhirnya saya bisa menggunakan MATLAB untuk mengolah citra, merekonstruksi, meng-enhance, dan lain-lan. Seru deh pokoknya. Belajar photoshop pake MATLAB. Asal tahan aja dengan modul-modul praktikumnya. Berhubung udah lama ga praktikum dan buat laporan, ya jadi agak malas juga sih waktu itu.

UTS nya berupa tugas untuk membuat program untuk mengonvolusi matriks mxn dengan program selain MATLAB. Tidak mudah tapi tidak terlalu susah juga karena program serupa sudah banyak ada internet. Saya menggunakan bahasa C karena cuma itu yang saya ketahui.

UAS nya berkelompok dan memilih topik. Kelompok saya melakukan studi literatur pada metode Model-Based Iterative Reconstruction (MBIR) untuk aplikasi pengurangan dosis CT Scan.

Kuliah yang sangat membuka wawasan karena dari sini saya jadi tahu kalau pengolahan citra itu sangat luas dan banyak gunanya, mulai dari rekonstruksi citra, pengurangan dosis pada CT Scan, aplikasi medis, pemilahan bahan, hand-writing recognizer, dan lain-lain.

  • EL3010 – Arsitektur Sistem Komputer (3 SKS)

Kuliah yang super menarik banget. Yang dari nol ga ngerti apa-apa akhirnya saya mengerti sesuatu. Dosennya super baik dan menjelaskan materi dengan super clear. Andai kuliah ini diberikan sebelum kuliah Algoritma dan Struktur Data. :(

Di kuliah ini, saya belajar alokasi memori, floating point, cache memory, dan sebagainya. UTS dan UAS nya tidak terlalu susah asalkan rajin berlatih dari kuis dan latihan soal yang sudah diberikan oleh dosen.

  • EL4004 – Biomekanika (3 SKS)

Kuliah yang menarik. Lagi-lagi saya ambil kuliah biomedik di semester terakhir ini. Secara teori, di kuliah ini hanya dipelajari fisika kinematika dinamis dan statis. Cukup mudah seharusnya, tapi berhubung udah lama ga menyentuh fisika-fisikaan seperti ini, jadi harus di refresh lagi deh. Gaya, torsi, momen, dan sebagainya.

Kuliah ini diajar oleh 3 dosen: seorang dosen dari mesin mengajarkan tentang kinematika, seorang dosen dari farmasi dan seorang dokter lebih menjelaskan pada aplikasinya. Dari kuliah ini saya akhirnya tau bagaimana ilmu biomekanika sangat penting bagi manusia.

Misalnya: saya jadi tau kalau lari itu harus pake sepatu lari. Sepatu lari itu yang ringan dan tidak keras. Penggunaan alas kaki yang salah dalam lari dapat menyebabkan rusaknya sistem tubuh karena tulang punggung merupakan shock-breaker alami kita. Apabila kita berlari menggunakan alas yang keras dan berat, tentunya tulang punggung akan menerima gaya yang besar dan kemudian rusak.

Dan masih banyak lagi yang dibahas di kuliah ini. Jalan, renang, volley, sepakbola, basket. Nice banget deh! :)

  • ET4081 – Sistem Komunikasi Seluler (3 SKS)

Kuliah ultimate telkom nih. Semua ilmu yang udah dipelajari sekitar dua tahun di telkom tumplek plek plek plek di sini. Komdat, jartel, siskom, pengsin, probstat ada semua deh di sini. Bener-bener kuliah yang menarik dan banyak ilmunya.

Di kuliah ini saya mempelajari tentang konsep selular, fading dan multipath, multiple access, dan CDMA. Evaluasi dilakukan beberapa kali, terdapat empat kali kuis, satu UTS, satu UAS, dan satu tugas besar. Walaupun kuliahnya susah, tapi untuk kuis dan ujian dapat dipelajari dari latihan-latihan yang terdapat di slide dan buku acuan. Tugas besarnya dikerjakan berkelompok. Cukup mudah. Mengenai simulasi fading pada kanal AWGN dan kanal rayleigh. Nanti yaa dibahas kapan-kapan. :)

BTW, sampai saat ini, baru nilai kuliah ini saja yang keluar. Alhamdulillah dapet A. Sementara ini IP masih 4 deh, semoga gini terus ampe semua nilai keluar. (norak, blom pernah sih -_-)

  • ET4091 – Kerja Praktek

Kerja Praktek ini sebenernya sudah saya lakukan pertengahan tahun 2010, namun baru saya ambil SKS nya semester ini. Sayang sekali, dengan pergantian sistem yang baru saja diterapkan, akhirnya saya harus presentasi KP hari Kamis nanti. Udah lewat setahun, udah lupa mamaaa T__T

  • ET4096 – Tugas Akhir I

Baru ambil tugas akhir satu karena kredit SKS baru mencukupi di semester ini. Maklum semester-semester sebelumnya banyak ngulang pelajaran. TA I tergolong santai. Mencari pembimbing dan topik TA, membuat proposal, membuat progress report, dan seminar.

Sekian deh review semester 8. Saat ini saya sedang semester pendek dan mengambil Tugas Akhir II supaya bisa lulus Oktober. amin amin amin…

Leave a Reply

