Google+

Sekitar dua minggu yang lalu, heboh banget gugel ples gugel ples.

Google Plus? Google+? Iya, Google+. Katanya sih project Google yang baru yang berbentuk social media networking. Beruntunglah saya menjadi salah satu orang yang pertama mencoba media ini. Saya mendapat invitation dari teman pada awal Juli ini dan hari itu juga langsung sign up! :)

Untuk yang belum tergabung di g+, ini nih welcome page-nya:

Dari welcome page ini, kita bisa tau fitur-fitur di g+, yaitu Circle, Hangout, dan Sparks.

Pertemanan di g+ berbasis Circle. Dengan menggunakan Circle, kita bisa mengatur agar postingan kita bisa di share ke kalangan tertentu saja, misal postingan undangan keluarga ya di Circle Family saja, foto-foto jalan bareng temen ya di Circle Friends saja, dsb.

Kita bisa masukin teman-teman dan orang-orang (bukan teman) yang postingannya menarik ke Circles kita, tapi dia ga wajib untuk nyircle (?) kita. Mungkin ke depan nanti akan ada istilah “Circle back dongg!” (oh no, jangan sampe deh ya!). Jadi, sifatnya Circle tuh kayak twitter follow + facebook group.

Selanjutnya adalah Hangout. Group-video-chat. Bisa sampai 10 orang. Waktu itu saya dan teman-teman coba bisa sampai 9 orang. Tapiii.., dengan lemahnya koneksi internet dalam negeri, jadinya ya agak lag lag gtu.

Itu dia tampilan hangout. Ada temen saya yang super-asik. Sebelah kiri ada kolom chat. Bisa juga bareng-bareng nonton youtube.

Fitur utama lain adalah Sparks yang berbentuk semacam StumbleUpon. Jadi kita bisa dapet feed hal-hal yang menjadi interest kita. Bisa di share juga, bisa di +1 juga. FYI, +1 itu adalah tombol “Like” nya Google yang kayaknya sekarang udah banyak bertebaran di dunia maya. :)

Sebenernya ada satu fitur lagi, yaitu Huddle. Huddle adalah semacam messenger tapi cuma available di Android phone. Kayak BBM di Blackberry mungkin ya.

Nah, sekarang masuk ke dashboard nya:

Ini adalah stream “ET’07” saya yang berisi teman-teman sejurusan. Untuk melihat stream semua circle, tinggal pilih aja “Stream” di panel sebelah kiri, begitu juga untuk memilih stream-stream tertentu.

Di postingan paling atas, ada teman saya yang nge-reshare postingan orang. “Share” ini bentuknya kayak retweet di twitter atau reblog di tumblr, yang maksudnya adalah memforward postingan orang lain. Tersedia fitur “comment” kalo mau komentar, dan fitur +1 kalo suka dengan postingan tersebut. Kalau postingan kita ga mau dikomen atau di-reshare juga ada fitur untuk itu.

BTW, liat di kanan atas yang merah-merah ada angkanya; itu adalah notification area.

Lalu, selain “Home” dashboard ini, ada juga dashboard Photo, Profile, dan Circle.

Menurut saya, g+ ini cukup menarik sih. Tampilannya bersih, ga ada (atau belum ada) iklan. Masih sepi juga. Belum terjamah alay juga. :P

Yang saya suka sih karena g+ ini terintegrasi ke semua produk Google. Saya sering menggunakan Picasa sebagai online photo storage. Foto-foto yang biasa saya upload melalui Picasa desktop masuk ke Picasa web, dan secara otomatis menjadi bagian photo album saya di g+. Selain itu, contoh lainnya adalah chat yang juga langsung terhubung ke Google Talk. Nice! ;)

Oh iya, di g+ ini ga bisa nge-wall nge-wall ya. Jadi kalo mau ya mention aja orangnya di post kita. Inbox atau direct message atau private message juga ga ada; adanya langsung private message by sending email to friend. Atau bisa juga mention teman kita dan buat post-nya limited untuk dia, jadinya kan private message juga tuh. :D

Sekian dulu deh postingannya.

Yang udah join, ya di eksplor aja. Main-main ya ke g+ saya di gplus.to/annisafitri. :P (BTW, untuk buat g+ nick itu bisa berkunjung ke gplus.to karena blom ada yg official dari g+ nya)

Yang belum join, ya tunggu aja ampe dapet invitation atau publicly opened. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s