have I living my life the way I am?

HAVE NOT.

Saat ini gw berusia 22 tahun 4 bulan 5 hari. Sudah hidup dua dekade, tapi rasanya belum pernah menentukan jalan hidup ini sendiri. Menurut gw, di usia segini, setidaknya sudah ada satu tahapan hidup yang harusnya ditentukan sendiri. Kuliah. Tahapan hidup yang menurut gw cukup penting dan berefek cukup besar.

Sekarang, gw masih (dan semoga akan segera berakhir) berkuliah di Institut Teknologi Bandung, fakultas STEI, jurusan Teknik Telekomunikasi. Bagus? Kata orang-orang sih bagus. Kata gw juga. Sungguh, ga menyesal masuk jurusan ini walaupun ini dulu bukan cita-cita. Di sini gw bertemu teman-teman yang baik hati dan hebat, calon orang sukses lah pokoknya semuanya.

Back to years ago, cita-cita gw menjadi astronot gara-gara nonton Apollo 13. Pengen juga menjadi arkeolog, semata-mata karena suka banget nonton Jurrasic Park dan beli-beli buku tentang dinosaurus ampe hafal jenis-jenis hewan purbakala itu. Tapi…, jadi astronot gimana caranya ya? Jadi arkeolog juga pastinya ga dapet restu orang tua. Profesi-profesi yang tidak lazim emang kurang populer di Indonesia. Kebanyakan orang tua pasti maunya anaknya jadi dokter atau jadi engineer terus kerja di oil company, hidup kaya, sejahtera, mati masuk surga.

Sejak SMA, cita-cita gw mulai ‘agak’ realistis. Pengen jadi pembaca berita biar bisa siaran bareng Tommy Tjokro yang ternyata eh ternyata saudaranya ibu. Trus mau jadi desainer interior semata-mata karena seneng banget baca dan nonton home and living. Sampai lulus SMA, cita-cita gw adalah menjadi arsitek, ga jauh-jauh sama cita-cita sebelumnya. Cita-cita ini sendiri muncul karena ketertarikan gw dengan mata pelajaran Gambar Teknik di kelas 2 dan 3 SMA yang alhamdulillah juga nilainya ga pernah di bawah 8. Selain itu, gw juga tertarik dengan mata pelajaran Biologi dan Kimia.

Tapi…, kok jadi masuk Teknik Telekomunikasi?
Hmm, saat itu teman-teman udah banyak yang keterima PTN, salah satunya ITB via USM daerah. Gw sendiri masih santai dan menunggu SPMB (eh ga santai juga sih). Ibu yang ga santai akhirnya beli formulir USM terpusat. Gw yang ga pernah kepikiran masuk ITB akhirnya ikut aja. H-1 pengumpulan saya baru isi form tersebut. Nurut aja lagi disuruh pilih STEI, TI, dan FTTM karena passing grade-nya paling tinggi. Lalu, alhamdulillah masuk STEI. (STEI? WHATTT? –> antara senang dan shock waktu itu)

Di STEI, akhirnya pilih prodi Teknik Elektro major Telekomunikasi (yang akhirnya menjadi prodi juga). Kayaknya ini adalah satu-satunya pilihan yang gw tentukan sendiri sampai saat ini. Gw pilih diam-diam dan baru kasi tau saat pengumuman penjurusan. Orang tua mah maunya gw masuk Informatika, tapi apa daya ekeu ga suka koding.

Sekarang gw tingkat empat akhir, lagi sibuk sama TA. Insya Allah sebentar lagi lulus (mohon doanya yaa :’) ). Habis lulus pilihannya adalah kerja atau S2 atau nikah. Maunya sih dalam waktu dekat S2 dulu di luar negeri, biar banyak pengalaman dan jalan-jalan. Orang tua maunya gw lulus langsung kerja di perusahaan besar yang gajinya besar, kalau S2 ya ga usah jauh-jauh lah di dalam negeri aja sekalian kerja.

UGH. KAPAN SIH BISA HIDUP DENGAN PILIHAN SENDIRI?
Toh hidup sesuka yang gw pilih masih dalam jalur hidup yang benar. Seorang teman bilang kita bisa hidup bebas setelah lepas dari tanggungan finansial orang tua, atau setelah nikah. Hmm benar juga. Tapi apa harus menunggu waktu itu? Fix lah tahapan hidup selanjutnya harus gw sendiri yang memutuskan. Karena, sesulit apapun jalan yang dilewati sepertinya akan lebih mudah kalau itu adalah pilihan kita sendiri. Dari awal kita yang pilih, kita juga yang (harusnya) udah siap dengan segala konsekuensinya. Apapun yang terjadi, bisa dibawa senang, ga terpaksa.

Jadi, jangan biarkan hidup kita ditentukan orang lain. Yang ngejalanin kita, yang menanggung segala konsekuensinya juga kita, bukan orang lain.

Sekian.

One thought on “have I living my life the way I am?

Leave a Reply

