Axel

This post is dedicated to my beloved dog, Axel. :)

Axel (2005 - 2012)

Tahun 2005 saya iseng-iseng ikut seleksi AFS. Untuk urusan administrasi akhirnya saya beberapa kali ke daerah Menteng dan lewat Taman Lawang. Iya Taman Lawang yang itu yang terkenal itu. Selagi matahari masih bersinar, di Taman Lawang banyak yang jualan anjing-anjing kecil. Puppies! Kalau matahari terbenam ya jadi Taman Lawang yang terkenal itu.

Saat itu saya bener-bener ga suka anjing, takut, cuma berani liat aja karena anak anjing lucu-lucu, bogel, imut dan super cute. Setelah iseng liat-liat akhirnya pulang ke rumah bawa anak anjing, umurnya sekitar 2 bulan. Hewan pertama saya seumur hidup! Saya kasi nama Axel. Walaupun akhirnya nama panggilan dia jadi macem-macem, Acan, Popoy, Jetjet, Nyonyo, Cocoroco. :DInget banget hari pertama Axel di rumah saya ga bisa tidur padahal paginya sekolah. Axel yang ditaro di belakang berisik nangis-nangis. Akhirnya dia ditaro di teras. Subuh subuh saya bangun dan bersiap mau sekolah eh axel udah ga ada di depan. Tempat tidurnya berantakan, makanannya tinggal sedikit, dan susunya berantakan. Ternyata dia dijahatin sama bos kucing. Dan saking kecilnya dia ampe bisa masuk ke saluran air dan nyemplung ke got. Alhamdulillah dia bisa ditemuin dalam keadaan item cemong air got, menggigil, dan yang penting masih hidup. :)

Banyak banget kenangan axel. Dia anjing yang pintar dan baik, yaa walaupun galak ke selain orang rumah. Dia kalau pipis di belakang. Abis darisana dia biasa ke kamar mandi, basahin kaki, keluar kamar mandi, dan keset-keset. :D

Dia pintar dan bisa disuruh duduk dan salam. Dia juga pintar buka pintu sendiri. Sampai-sampai kita agak kesel juga ya kenapa ngajarin dia buka pintu, jadi kepinteran deh. -_-

Setiap pagi kalau ibu suruh bangunin saya, maka axel langsung buka pintu, masuk kamar dan bangunin. Walaupun lama-lama ga mempan karena saya berlindung di bawah selimut dan lanjut tidur. Karena capek bangunin ga bangun-bangun biasanya dia jadi ikutan tidur di kaki saya. :))

Axel anjing yang bener-bener kuat. Kalau bawa dia jalan-jalan yang ada saya ketarik karena dia lari sekuat tenaga. Ahh coba dulu saya udah nonton Cesar Millan, saya ajarin deh dia biar jadi anjing yang lebih nurut. Kalau lagi gila dia suka lari keliling-keliling rumah berjuta-juta kali ga berhenti-berhenti. Sayang, rumah yang lama kecil banget, coba kalau luas, pasti dia lebih senang.

Karena axel tidur sama bapak dan ibu atau saya atau adek, maka dia harus bersih. Rajin mandi dan wangi. Axel nyebelin, kalau lagi tidur ga bisa diganggu. Kalau lagi tidur trus di poke poke pasti menggeram. -_-

Entah mengapa ya, axel nih anjing yang perhatian banget. Kalau misalnya saya lagi sedih, pasti dia datengin saya. Duduk aja di samping, ngeliatin saya. Diem aja, kayak ngerti saya lagi ngerasain apa. Begitu juga kalau lagi marah. Otomatis dia ga berbuat aneh-aneh dan duduk diem dan menjauh. :)

Dulu beberapa kali axel mau dikasihin ke orang, tapi selalu gagal. Waktu itu udah dibawa sama orang, lengkap sama mainannya, bonekanya, tempat makan, dan sebagainya. Tapi entah mengapa kita yakin kalau dia bakal balik lagi. Dan benar! 5 menit kemudian udah ada suara dia lagi di depan rumah, ternyata dia kabur dan lari pulang. :’)

Semenjak pindah ke rumah yang baru sebenarnya saya agak sedih karena axel yang biasa di dalam rumah jadi ditaro di luar, di kandang karena takut dia kabur dan ngejar-ngejar orang asing. Ah iya karena jarang dibawa jalan dia rada freak kalau pintu gerbang dibuka. Kabur. Dan akhirnya kita harus menyusuri sekitar komplek dan berdoa ga ada yang dia gigit.

Kasian di kandang. Walaupun kandangnya besar dan beratap kasian aja kalau hujan dan ada petir. Dia takut petir. Kasian juga kalau siang hari lagi panas-panasnya dunia. : (

Oiya, axel anjing yang pemilih dalam masalah makanan. Bosenan. Karena makannya tergantung mood akhirnya dia kena sakit maag dan sering bermasalah pencernaannya. Dia juga pernah kena virus parvo karena salah satu anjing baru di rumah sakit parvo. Walaupun virusnya mematikan tapi axel kuat dan bisa sembuh. :D

Kalau habis berpergian sebelum masuk rumah saya suka ke kandang axel dulu. Ketemu dia dan elus-elus. Sedih banget karena akhir-akhir ini saya jarang melakukan hal itu. Karena pulang kantor udah malam biasanya saya capek dan langsung masuk rumah. Akhirnya main-main sama axel selalu saya tunda. Nyesel banget deh. Bahkan di hari terakhir dia tadinya pagi-pagi saya mau ke kandang dia dulu sebelum berangkat kerja tapi saya tunda, ah nanti sajalah sepulang kerja. Eh ternyata. . . : (

Rabu, 8 Februari 2012. Jam 7 saya masih di bus kantor mau pulang ke rumah. Tiba-tiba ada BBM dari adek kalo axel meninggal. Ga kuat bangettt. :__(

Kata ibu, axel udah sakit dari hari selasa. Dia muntah-muntah dan ga mau makan. Sore itu ibu ke kandang dia mau kasi makan tapi ga dimakan juga, mau disuapin tapi tetep ga mau juga. Setelah maghrib, ibu ke kandang lagi mau bersihin kandang dan dilihat axel udah tergeletak di tengah kandang. Dibangunin ga bangun-bangun. : (

Di jalan saya minta ibu supaya nunggu saya sebelum axel dikubur. Jam 8 saya sampai di rumah, ternyata kuburannya sudah disiapkan. Saya ke kandang dan liat axel lagi tidur. Saya elus, saya poke, tapi dia ga bangun-bangun. : (

Maaf ya Xel, aku ga bisa pelihara kamu dengan lebih baik. Sering cuekin, suka malas ajak main.

Terima kasih ya udah nemenin keluarga aku selama 7 tahun. Udah jagain rumah dengan baik dan jadi alarm orang asing. Dan yang penting, terima kasih udah bawa kebahagiaan di rumah aku. :)

Bye Axel, I hope you find peace in the dog’s heaven. Yang damai ya di sana, jangan nakal, jangan galak-galak. Kalau nanti kita ketemu jangan lupa sama aku ya, kita main-main lagi. I wuff you.. O:)

masih suka ngerasa axel ada di kandang depan deh…

ah karena komputer pernah rusak, foto-foto axel yang kesisa tinggal sedikit. here’s few photos of him. :)

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

