social bookmarking

Social bookmarking is a method for Internet users to organize, store, manage and search for bookmarks of resources online.

Wikipedia

I love bookmarking things!
Mulai dari konten internet yang menarik bagi saya, hal yang patut diingat, bacaan menarik yang belum sempat dibaca, resep masakan, crafts, dsb.

Banyak cara untuk mem-bookmark resources di internet. Saya biasa melakukannya langsung melalui browser yang saat ini bentuknya sudah tidak jelas dan berantakan karena saking banyaknya bookmark item. @_@
Memang bisa dirapikan dengan membuat folder-folder, namun bentuknya tidak menarik. Selain itu apabila mau diakses melalui bukan-laptop-saya, agak ribet karena harus di sync (eh bisa ga ya?) atau di import-export. Ah riweuh.

Kalau sedang menggunakan tumblr, saya juga sering menggunakan tumblr “likes” yang makin lama jumlahnya membengkak. Saat ini likes saya di tumblr hampir mencapai 700 likes, akibatnya tentu saja sulit dilihat dan akhirnya sia-sia. T__T

Kalau sedang mobile, dan seringnya begitu, saya menggunakan twitter “favorite” untuk mem-bookmark info-info dan link menarik yang bertebaran di timeline. Yah, makin lama juga jumlahnya makin membengkak, hampir 200 favourites. Ga tega kalo di unfavorite, bisi sewaktu-waktu butuh.
Ah mungkin saya termasuk compulsive hoarder di dunia maya. -_-

Tapi, kekalutan pikiran saya akhirnya perlahan-lahan pergi setelah saya mengenal Pinterest! :D

Pinterest is a pinboard-style socialphoto sharing website that allows users to create and manage theme-based image collections such as events, interests, hobbies and more.

Wikipedia

Emang agak telat ya saya pake Pinterest berhubung harus nunggu invitation dulu. But, finally I got the invitation to join Pinterest about a month ago. Yeay! \o/

Pinterest - Home

Pinterest – Dashboard

Banyak orang mungkin bingung. Apa sih itu kotak-kotak doang.
Gambar pertama itu Pinterest Home saya. Di sana dimuat posts dari Pinner yang saya follow. Bisa juga liat posts menarik sesuai kategori, posts yang sedang popular, dan posts berbentuk video. Kalau suatu post menarik, you can simply hover your mouse at the top of the image and click re-pin. Di luar itu, kita juga bisa post gambar atau video kita sendiri.

Gambar kedua itu Pinterest dashboard saya. Isinya hal-hal menarik yang saya temukan di internet. Saya bagi menjadi beberapa kategori supaya rapi.

Pin It button

Yang paling menarik dari Pinterest ini adalah Pin It button yang bisa di-install di Bookmark bar browser kita. Dengan Pin It button ini, kita jadi bisa Pin apapun dari web apapun. Jadi kalo lagi stumbling upon the internet dan menemukan hal yang menarik, tinggal klik “Pin It”, add some notes, choose the category, and Pin! Ga perlu buka Pinterest web-nya dulu deh. Praktis.

Setelah menggunakan Pinterest ini, hal-hal menarik yang saya temukan di internet jadi lebih rapi, ter-organize dan bisa diakses kapan saja. Nice! Kalo mau liat-liat boards saya, sila cek pinterest.com/annisafitrii :)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s