memories

Pernah ga sih ngerasa kalo suatu hal bisa ngingetin kita ke satu hal yang lain dan terus berangkaian?

Misalnya aja judul blog post ini. Kalo saya denger kata “memories”, maka pikiran saya langsung berjalan-jalan ke masa kejayaan tembang kenangan di televisi. Lalu, lagu “kemesraan iniiii, janganlah cepat berlaluuu…~” pun bernyanyi-nyanyi di dalam kepala.

Lagu atau penyanyi tertentu pun bisa mengingatkan saya dengan tempat dan orang lain. Misalnya, kalau dengerin Sandhy Sondoro saya inget dengan teman saya, lalu lagu Fireworks mengingatkan saya dengan teman yang lain. Aneh. Saya sendiri ga paham di mana hubungannya.
Terus, lagu-lagu D’Cinnamons saya jadi inget Bandung, trus jadi inget lagu Selamanya Cinta, trus inget film Cintapuccino, trus jadi inget Bandung lagi. Dengerin lagu-lagu Ten to Five trus jadi inget ngerjain tugas di kosan sambil denger full playlist itu ampe bosen, trus jadi inget Bandung lagi. Duh ada apa sih ya dengan Bandung, padahal saya cuma tinggal di sana 4 tahun tapi memorable banget. <3

Mungkin bagi sebagian orang, hal yang paling menggugah kenangan itu berupa tempat. Di sini saya bertemu dia, di restoran ini pertama kali saya had a date bareng dia, di kosan dia biasa kita belajar bareng, di warung makan ini saya dulu biasa makan siang, di kantin ini yang ibu-ibunya jutek, dsb. Wajar sih, tempat kayaknya paling gampang diingat, apalagi kalau kejadiannya berkesan.
Misalnya, Inul Vista. Setiap saya karaokean di sana, saya jadi inget tanggal 27 September 2010. Trus inget kalau tanggal itu adalah hari Senin, di mana pada Minggu paginya saya jalan-jalan di CFD (Car Free Day) Bandung untuk pertama kalinya. Saya pakai kaos barong warna putih dengan jeans favorit warna abu-abu. Teman jalan saya pakai kaos kecoklatan dan celana pendek. Abis itu, kami sarapan bubur di jalan Ganesha, lalu berjalan-jalan di kampus. Siangnya saya ke kosan teman di Kanayakan untuk mempersiapkan malam swasta anak 2009 di Punclut yang ternyata gagal dan berpindah ke Inul Vista.
Hahaha, it’s amazing how my brain can remember all of that! :))

Selain tempat, waktu juga paling gampang diinget.
Bulan bulan segini saya lagi sibuk ini di tahun lalu, tanggal segini saya jadian sama si ini, tanggal segini saya sidang, tanggal segini saya wisuda, blablabla.
Trus saya jadi mikir, pantes ya lagu-lagu dengan unsur waktu sukses. Gampang diinget sih. Dan pastinya akan dibicarakan terus tiap tahunnya.
Misalnya “11 Januari”, orang-orang pasti langsung banyak yang omongin GIGI dan ngedengerin lagunya, terutama temen saya yang super fans nya GIGI.
Kalo baru masuk bulan September, pasti banyak yang bikin status dengan lagunya Green Days, “Wake me up when September ends”.
Terus kalau bagi saya, pertengahan Oktober tuh waktunya dengerin “Bandung 19 Oktober” nya Seurieus. Tak lupa sekalian nonton film “Jomblo”. Eh, tapi itu rutinitas dulu sih pas masih jomblo. :p
Dua tahun yang lalu ga nonton karena baru jadian, hihihi masih happy happy lah.
Tahun lalu ga nonton karena sibuk ngurusin wisuda.
Tahun ini…, akhirnya nonton lagi sih. Dan film ini sukses bikin saya kangen pacar, kangen kampus, kangen kuliah, kangen Bandung. Yaa, emang latar film nya kan kampus ekeu banget ituuuh. Gimana ga kangen. :””(

Ya gitu deh…

Hebat ya bagaimana otak kita dapat berpikir banyak hal dalam satu waktu, misalnya aja sekarang saya lagi mikirin kalimat berikutnya yang akan saya ketik, sambil inget masa-masa kuliah, sambil mikirin beruang yang ada di Korea sana.
Hebat ya gimana pikiran kita bisa berjalan-jalan begitu jauh ke masa lalu hanya dengan hal-hal kecil.
Hebat ya bagaimana otak kita bisa menampung segitu banyak informasi.

Kangen pacar. Kangen pukul-pukul tangan pacar. Akut.

2 thoughts on “memories

Leave a Reply

