kicauan masa lalu

Saya sudah menggunakan twitter sejak Juni 2009. Dan saat ini tweet saya sudah mencapai tujuh-belasan-ribu. What a huge number! Kalo kata orang: satu tindakan mengalahkan seribu ucapan, berarti saya harusnya sudah melakukan tujuh belas tindakan ya. Heuheu

Ada kalanya saya ingin melihat tweet yang dulu-dulu. Sekedar ingin mengingat respon saya terhadap suatu hal yang terjadi di masa lalu, ingin mengingat gaya tulisan saya yang dulu-dulu, atau ya cuma pengen tau dulu pertama nge-tweet apaan. :p

Nah, sekarang semua itu mungkin karena twitter baru saja meluncurkan fitur twitter archive! yeaaay *\^o^/*

Langsung aja ya, here’s how to download your twitter archive:

1. Buka twitter web di desktop. Masuk ke Settings –> Account. Scroll down and ….. voila!

twitter - setting

2. Klik “Request your archive” button tersebut. Link to download bakal dikirim lewat email. Kalau button tersebut belum ada, don’t be sad karena fitur ini baru diluncurkan sebulan yang lalu dan baru sebagian user yang kebagian. ;)

3. Nanti dapet email kayak gini nih:

twitterarchive4. Button atau link yang ada di email tersebut bakal men-direct kita ke halaman seperti ini:

twitterarchive25. And now, your twitter archive is ready to download. Click the button! Done.

Menurut saya twitter archive ini cukup oke. Tampilannya bagus dan clean. Oh dan dia offline archive! Jadi ga perlu connect to internet kecuali mau liat conversation tweet (ah sayang sekali gabisa langsung liat conversation!).

Satu yang jadi pertanyaan: tweet dari yang setelah di archive sampai yang tweet saat ini bisa di download ga ya kapan-kapan? Setelah berapa tweet ya kita bisa download archive lagi? :|

Oh iya lucu sih ternyata ngeliat tweet yang dulu-dulu. Ada masa-masa tweet stress kuliah, masa tweet asik jaman kuliah, masa tweet nunggu panggilan kerja, masa geje geje galau, masa mention-mentionan sama mantan kecengan aka. pacar sekarang. eh! kkk :p

Apapun tweetnya, keadaannya saat itu jelek atau bagus, aib atau bukan, ternyata kalau diliat sekarang tetep aja bikin senyum senyum ketawa. :’)

BTW BTW, here’s penampakan tweet pertama saya:

firsttweetGa spesial ya. :|

Di sebelah kanan tampilan tweet, kita bisa liat grafik tweet kita jadi bisa tau kapan ngebacot paling banyak, kapan lagi jadi pendiem. Kalau mau liat tweet di bulan tertentu, tinggal klik aja grafik bar-nya.

twitterarchive3Itu contohnya saya nge-klik grafik bar bulan Maret 2011 di mana saya nge-tweet paling banyak, 882 tweets dalam satu bulan. Almost 30 tweets per day. Banyak beut. -_-a

Hmm terus terus ada juga fitur search, tinggal masukkin keyword di search tab seperti berikut:

searchtweetNaisssooo yaaa! :3

Yang terakhir, kalau mau tau profile information kita, tinggal klik gambar orang-orangan di kanan atas deh. Nanti tampilannya seperti ini:

twitteraccountinfoYap, sekian dulu deh tentang twitter archive. Semoga teman-teman semua udah bisa download ya. Dudu..~ ;)

2 thoughts on “kicauan masa lalu

    1. waktu itu baru launch, jadi masih bertahap. kalo sekarang udah ada belom, yon?
      *super late reply, sorry… hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s