Language Gap

Haloh! Apa kabar dunia?
Sekarang aku udah kerja loh! 😊

Alhamdulillah 4 bulan yang lalu setelah galau berkepanjangan akhirnya dapet panggilan interview juga. Dan alhamdulillah lancar, langsung diterima dan mulai kerja.

Sekarang aku kerja di salah satu research center di kampus mas nya, jadi admin assistant. Kirain jadi admin assistant santai santai lucuk, ternyata ga juga sih, soalnya kita ngurusin 8 professor dan 100-an postdoc & student. *mabok*
Kerjaannya mulai dari yang penting ampe “penting banget”. Mulai dari ngurusin conference, sampai ngurusin keluhan orang-orang tentang paper shredder yang ga berfungsi karena kepenuhan. 😅

Salah satu yang jadi masalah saat kerja di luar ini adalah urusan komunikasi. Apalagi berinteraksi dengan orang yang nationality dan bahasanya berbeda-beda. Di suatu team lunch, saya baru ngeh kalau kita duduk berdelapan dan nationality-nya ga ada yang sama. Cool!

Dalam komunikasi berbahasa asing, kadang saya wonder apakah orang ngerti dan nangkep, apakah maksud saya tersampaikan, apakah kalimat dan pilihan kata yang saya lontarkan umum digunakan sama native speaker. Kadang walaupun secara struktur kalimat bener, suatu kalimat belum tentu lazim digunakan. Kadang ada juga kata kata dan istilah kece yang biasa mereka gunakan, tapi pas saya diajak ngomong langsung, vocabnya ya muter-muter di situ aja lagi. Hahahuft.

Dalam hal balas membalas email, saya suka mikir lamaaa banget biar kalimatnya ok, ga ambigu dan ga bernada offensive. Kalo lagi stuck, dalam hati suka ngebatin, “asal lo tau, I’m genius in my language.”
*Yaelah nis bahasa Indonesia aja masih campur-campur ga bener* 😂

Batasan bahasa ini ada ok nya juga sih, at least ga jadi gosip-gosipan di kantor dan bisa menahan emosi, soalnya susah buat dipake marah marah. Hahaha… Walaupun ya apa apa jadinya suka terlalu straightforward dan kurang basa-basi. Humm.

Hari ini ceritanya saya lagi lieur karena ada masalah sama satu om prof. Saya sudah berusaha email sejelas mungkin. Ampe minta cek ke temen-temen apakah mereka nangkep maksud kalimat saya. Tapiii, si om prof ini ga ngerti ngerti ampe 3 kali email bolak balik. Berhubung doi orang inggris, saya makin merasa bersalah lah. Apa bahasa inggris saya butut banget ya ampe doi ga ngerti2? Atau, doi memang orangnya rempong aja? Semoga yang kedua sih, berhubung ama prof lain saya akur akur, cuma ama dia doang yang bermasalah terus. 😄

2 thoughts on “Language Gap

Leave a Reply

