Drama Korea

Akhir-akhir ini rada sakaw drama Korea. Kayak banyak serial Korea tapi males juga nonton buang-buang waktu kalau ceritanya typical. Typical drama Korea is di mana ada pria wanita dengan kesenjangan sosial yang luar biasa dan banyak chaebol chaebol muda tampan. Yakali kan late 20 jadi CEO padahal kerjanya ga ngapa-ngapain malah cinta-cintaan.

Well, gw selektif begini semua salah Goblin (?)! Mana kebayang cerita yang isinya goblin, grim reaper, deity dan goblin bride bisa feels so relatable. Begitu juga dengan kisah alien yang ratusan hidup di bumi dan jatuh cinta sama artis cacat jiwa (red: My Love from Another Star (Kim So Hyun, Jun Ji-hyun)). Atau cerita punya pacar siluman rubah ekor sembilan (red: My Girlfriend is a Nine-Tailed Fox (Shin Min-Ah)). Kreativitas dalam cerita yang mereka buat sangat menakjubkan. Setelah menonton serial-serial yang seperti itu, entah kenapa kok makin males sama cerita yang “gitu-gitu aja”.

By the way, orang Korea masih heran kenapa Dokkaebi (Gong Yoo) ditranslasi jadi Goblin. Ya emang sih, saya juga awalnya mikirnya Goblin tuh penampakannya kayak gini:

Gringotts_Head_Goblin

Goblin seriusan

Bukan cakep lucu kayak gini:

ac5d4cd59d99b84b66ab4d49b46ddcb0

Bukan cakep cakep kinclong a la pemuda Korea masa kini sih

Perkenalan saya dengan drama Korea dimulai tahun 2002 saat Endless Love (Song Hye Kyo, Won Bin) ditayangkan di Indosiar. *2002 ternyata sudah 15 tahun yang lalu x_x*

Saat itu berarti saya masih SMP, nonton biasanya sama ibu. Lalu nangis bercucuran air mata setiap episode, terutama di episode terakhir yaampun kok gitu banget sih endingnya. :( *15 years and still not able to move on*

Setelah drama tersebut berakhir, mulailah secara rutin bermunculan drama Korea di TV lokal. Mulai dari Winter Sonata (Bae Yong-Joon), Stairway to Heaven (Choi Ji-woo), Full House (Bi Rain), dst. Saat itu, saya belum menemukan teman bergosip Korea. Sampai akhirnya saat kelas 3 SMA saya bertemu Riani yang juga suka drakor dan akhirnya ngobrolin serial Goong setiap hari.

Salah satu hal yang saya suka dari drama Korea adalah jumlah episode-nya yang sedikit. Membuat saya tidak merasa terikat, ceritanya ga maksa dan kualitas serial dari awal sampai akhir tetap oke.

Seperti yang udah diceritain di awal, akhir-akhir ini saya kesulitan memilih drama Korea yang oke. Terima kasih kepada Goblin yang sudah menaikkan benchmark drakor saya. Hahaha. Tapi emang sih drama ini sesuatu banget, soundtrack-nya juga enak semua. Setiap episode baru muncul, saya langsung cari OST nya di Spotify dan masukin ke playlist. Sampai sekarang masih rutin di-play. Dan emang setiap lagunya itu sangat mencerminkan tiap adegan, jadi setiap dengerin bisa sambil bayangin oh kalo OST yang ini tuh scene si A dan B lagi XYZ. Saking bikin baper, kalau denger OST tertentu ada yang bawaannya ceria, ada yang bawaannya bikin mikir, ada yang bawaannya pengen nangis.

By the way, weekend kemarin saya sedang memulai Suspicious Partner (Ji Chang Wook).
Note: saya lebih suka nonton drama yang on going, karena kalau episode-nya sudah tamat, bawaannya pengen binge watching, lalu dalam beberapa hari beres deh.

Saya emang agak bias dengan JCW karena dia cakep cakep cool tapi ga manja gemulai. Pertama liat dia di Healer dan langsung jatuh hati. Serial ini juga cukup berbekas di hati. Ceritanya ga ngebosenin, karakternya menarik, chemistry-nya ok, OST nya bagus. Pokoknya 10/10!

Setelah itu saya menonton JCW di K2, yang sebenernya saya kurang suka ceritanya karena Yoona menye banget ga jelas karakternya. Remove her from the picture will have no effect to the story IMO. Saya lebih setuju JCW sama mamak antagonis karena setiap scene mereka dan chemistry-nya kerasa banget, ampe merinding. Dari serial K2 yang tayang di tvN inilah saya liat trailer Dokkaebi. Kirain cerita cerita historical serius gtu, ternyata kok lucu tapi sedih tapi lucu tapi sedih.

FYI, selain serial tersebut di atas, serial lain yang saya tonton dan cukup memorable, antara lain adalah Reply 1997 (Seo In Guk), High School King of Savvy (Seo In Guk), Sassy Girl Chun Hyang (Han Chae-Young), Scarlet Heart Ryeo (Lee Joon-Gi), IRIS (Lee Byung-Hun), Secret Garden (Hyun Bin), Memories in Bali (Ha Ji-won), That Winter The Wind Blows (Jo In-Sung), Cain and Abel (So Ji-Sub), City Hunter (Lee Min-Ho), … .

Lah banyak ya, kalo diterusin mau sepanjang apa. Sekian dulu deh. :))

Leave a Reply

