Ramadhan dan Eid di KAUST

Tadinya mau tulis “Ramadhan and Eid in Saudi Arabia” sebagai judul, tapi karena saya ga ke luar KAUST sepanjang Ramadhan, kayaknya judul di atas lebih cocok. :P

Oh btw, ini Ramadhan dan Eid pertama saya di luar dan jauh dari keluarga. Tentu rasanya cukup berbeda dari biasanya.

So, kayak apa Ramadhan dan Eid di KAUST?

RAMADHAN

Subuh di sini sekitar jam 04.00 dan baru Maghrib sekitar 19.15. Karena cuma berdua dan males ribet masak, biasa kami bangun sahur jam setengah empat lalu makan sereal atau roti sambil kriyep kriyep. Sesekali ngecek hp, buat mastiin waktu Subuh. Ga ada tuh yang reramean jam 2 pagi marching band bangunin sahur. :))

Selama Ramadhan, jam kerja di sini di-adjust jadi jam 07.00 – 14.00 (cepet amat ya pulangnya!), sedangkan mall-mall buka dari menjelang Maghrib sampai jam 2 malem (dengan dipotong waktu shalat dan tarawih). Bus kampus yang menuju mall-mall pun baru berangkat jam 20.00 ke Jeddah dan balik jam 24.00. (jadi bingung orang-orang ini kapan sih tidurnya ya -_-)

Nah, sebenernya dengan jam kerja yang cuma segitu, bakal enak banget kan pulang kerja bisa bobo siang leha-leha ampe buka. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku untuk student yang tetap ngelab sepanjang hari, apalagi ditambah ambil semester pendek yang mesti kuliah dari pagi ampe sore (muahahaha, pukpuk Aditya). Eh tapi enakan gtu sih, pulang ngelab tiba-tiba udah buka. Coba ekeu, guling guling tak tentu arah, mau ke luar rumah panasnya ga kira-kira (siang hari di sini sekitar 42 derajat celcius, mamam gosong!), di dalam rumah aja bosen. Yha begitulah.

Di sini no such thing as ngabuburit dan jajanan bulan puasa. Ngabuburit ke mane pula, di dalam compound gini gini aje. Kangen deh pulang kantor ke Pasar Benhil beli cemal-cemil, pempek, bubur kampiun, ikan bakar. Atau ke Galaxy beli cemal-cemil, es buah, kolak, bubur sumsum. Atau bantuin Ibu siapin makanan berbuka mulai dari gorengan, minuman, sayur, lauk nyam nyam nyam.

Walaupun begitu, komunitas Indonesia di KAUST (KAUST-INA) seru banget, tiap minggu ada buka barengnya. Kadang seminggu dua kali malah! Jadi walaupun puasa jauh dari keluarga, di sini ada keluarga baru. :)

Karena status sekarang unemployed, kerasa banget sih beda bulan puasanya. Biasanya kan abis sahur langsung mandi, siap-siap kerja. Walaupun jam pulang sedikit lebih cepat, seringnya buka puasa di jalan karena macet. Terus suka ada bukber sana sini sama teman-teman.
Kemarin ini karena sepanjang hari di rumah, daripada ga ngapa-ngapain jadi dimulailah kebiasaan-kebiasaan baik yang semoga bisa terus dilanjutkan sampai bulan Ramadhan berikutnya. Aamiin. Terus, sorenya siap-siap buat masak deh. Kalau males masak ya ada campus diner pelarian kita semua. :D

Oh iya, di bulan Ramadhan kemarin, alhamdulillah saya dan Aditya bisa melaksanakan umroh. Ternyata, melaksanakan umroh di bulan Ramadhan itu padatnya…sesuatu. (cek ceritanya di blog Aditya)

EID

Malam takbiran di sini sepi banget. Ga ada suara speaker masjid, apalagi mas mas yang konvoi takbiran.
Pagi harinya, shalat Ied dimulai pukul 06.05 di KAUST Grand Mosque. Di ladies section cukup ramai, anak-anak kecil berkeliling bawa keranjang berisi makanan untuk dibagi-bagikan. Selesai shalat, kami pulang dan video calling dengan orang rumah. Sayang video calling-nya kurang lama karena yang di rumah mau lanjut shalat Jumat dan silaturahim ke rumah saudara-saudara.

Setelah itu, kami berkumpul di rumah Mas Arief & Mbak Tuti. Tidak begitu ramai, hanya tiga keluarga karena yang lain sedang mudik dan lebaran di Mekkah. Tapi, seminggu kemudian kami mengadakan halal bi halal lagi di rumah Mas RK dan Mbak Angi, dengan member yang lebih banyak, lengkap dengan makanan khas lebaran, dan sesi foto-foto. :D

KAUST-INA

KAUST-INA Family
Photo courtesy of Mas RK. Taken from KAUST-INA FB group.

Libur lebaran di sini cukup lama, sampai satu minggu. Most of the time, Aditya pergi ke lab, dan sisanya kami gunakan untuk nge-mall ke Jeddah (kasian hiburannya cuma mall, hahahaa).

Last but not least, buat teman-teman semua kami ucapkan taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin, Eid mubarak! :)

11707694_10204703587165593_2015427311224772694_o

Mie Instan

Seperti nature orang Indonesia kebanyakan, saya besar dengan Indomie.

Ibu malas masak, ya Indomie aja.
Pas masih kecil belajar masak apa? Indomie dong.
Bingung makan apa, Indomie aja.
Pokoknya Indomie is part of our life. *lebay*

Keren juga sih si Indomie ini bagaimana dia bisa mendarah daging di raga orang-orang Indonesia. Sampai sampai jarang yang nyebut jenis makanan ini sebagai “mie instan”. Pokoknya apapun merk-nya, sebutannya Indomie. Titik.

Hebatnya lagi, Indomie ini udah go internesyenel pula. Bingung ga bisa makan apa kalo ke luar negeri? Tenanggg, di beberapa negara Indomie di jual di mana-mana kok. Bekel Indomie dari rumah juga praktis. Indomie FTW!
(FYI, di Saudi mungkin karena banyak orang Indonesia, Indomie gampang banget ditemukan. Di supermarket ada, di minimarket ada, kalo ke mall aja ada iklannya).

Nah…herannya, saya ga suka suka amat tuh sama Indomie. Beberapa tahun terakhir malah saya hanya makan indomie satu atau dua kali setahun.

Lah???

Ya, reaksi orang-orang pun macam-macam:

“Whattt?! Anak kosan ga punya Indomie???”
“Indomie itu makanan penyelamat anak kosan tauu!”
“Kamu aneh.”
“Aku speechless………”

Sebenernya awalnya baik-baik saja, tapi……semua itu bermula dari masuknya saya ke HME a.k.a. Himpunan Mahasiswa Elektroteknik…

Dahulu, di markas HME ada penjual mie instan bernama Pak Mamo. Dari pagi sampai malam tanpa lelah Pak Mamo menyeduh mie instan orderan anak-anak himpunan. Karena fasilitas yang seadanya, alhasil pancinya dicuci seadanya dan airnya pun entah kapan diganti. Gimana mie-nya? Baunya awful dan rasanya…entahlah saya tak dapat berkata-kata.

Sejak saat itu, saya pun akhirnya menghindari mie instan. Ga mau makan. Cium baunya pun ogah. Jadi, kalaupun meeting di himpunan, saya duduk jauh jauh dari orang-yang-meeting-sambil-makan-mie-Pak-Mamo. :(

Paling saya berhadapan dengan mie instan ketika pulang ke rumah. Ibu suka buat mie instan ditambah sayuran dan topping macem-macem. Masakan buatan Ibu memang exceptional, selalu luar biasa, mie instan aja rasanya jadi enak kayak mie tek-tek. Apalagi makannya semangkok berdua sama Ibu. Tambah enak. <3

Di luar itu, kemungkinan besar saya tidak dapat ditemukan sedang menyeruput mie instan.

Well, I’ve tried my best to keep my stomach clean by avoiding instant noodle, tapi semua berubah di bulan puasa ini.

Dalam 2 minggu terakhir, kami sudah sahur 3 kali dengan mie goreng instan. T___T

Well, the taste was not so bad, tho. Apalagi kalo pake telor ceplok.
(Sang Suami yang avid Indomie eater pun berkata: “Tuh apa aku bilang, enak kan…~”)

Sedih sih kalo mengingat mie instan tidak baik untuk kesehatan, tapi malas memasak ketika sahur memang tidak ada obatnya.

Dear Suami, abis ini kalau aku malas masak, kita sahur pake roti aja ya biar sehat.
(FYI, ketika post ini di-publish, kami sudah sahur pake roti selama 3 hari berturut-turut. Sekali lagi, malas memasak ketika sahur memang tidak ada obatnya. -_-)

Source gambar: website mie instan favorit kita semua

Nyalon

Salah satu hobi saya adalah nyalon, Bukan nyalon nyalon yang haus kekuasaan gitu, tapi nyalon-nyalonin rambut pastinya. Seneng deh kalo abis nyalon, kepala jadi wangi, diuyek-uyek, dipijit-pijit ampe ngantuk. Hahahaa :’)

Dulu hampir tiap minggu saya ke salon. Kalo weekend ga sempet, kadang saya sempetin abis pulang kerja kalo belum tutup *niat*. Biasanya sih cuma creambath, waxing, potong rambut, atau luluran kalau banyak waktu. Untuk urusan salon sih saya ga remvong dan ga ada salon langganan tertentu. Di mana aja oke asal bersih dan harganya reasonable hemat, beib!. Pada akhirnya sih seringnya ke salon dekat rumah atau salon di mall yang selalu dilewatin kalo pulang kantor.

Nah pas pindah ke Arab, udah mikir-mikir gimanaaa kehidupan persalonan saya kelak. Alhamdulillah di KAUST ada satu salon wanita. Karena beberapa waktu yang lalu rambut saya sudah gondrong dan alhasil jadi rontok parah, saya coba cobi deh salon ini.

Pas jam buka salon, saya langsung telpon untuk nanya availability (iya, mesti reserve dulu, ga bisa go show):

“Pagi, Salon XXX. Ada yang bisa dibantu, kakak?”
“I would like to have a hair cut. Is it available this afternoon before lunch?”
“Yes, please come at 11.30. May I have your name and ID?”
“Annisa, ID number 123456. BTW, how much is it for hair cut?”
“95 SAR, Dear. Do you want shampoo and blow dry as well?”
“How much is it?”
“15 SAR for Shampoo, and *I forgot how much, pokoke mihil* SAR for blow dry.”
“Cuci potong aja. OKTHXBYE.”

Eh aliiiiig, potong rambut + keramas doang 110 SAR. FYI, 1 SAR = 3500 IDR.
Terus moso potong rambut ga sekalian keramas, kurang apaaa gtu. Padahal kan enak keramas di salon; wangi dan dipijet-pijet.

Alhasil karena merasa udah bayar mahal dan gamau rugi, pas rambutnya mau dipotong:

“What style would you like?”
“Just make it the same, but shorter.”
“This long?”
“No, shorter.”
“This long?”
“No, shorter…” (read: I’ve paid a lot, just cut as much as possible. muahahahaha huhu)

Ramadhan Mubarak

image

Horeee besok mulai puasa~

Ramadhan Mubarak. Mohon maaf lahir dan batin semuanya. Semoga ibadahnya selama bulan puasa ini lancar jayaaa.

BTW, deg-degan dan excited banget dalam menyambut bulan puasa kali ini, karena:
1. ini bulan puasa pertama di negeri orang, dan
2. ini bulan puasa pertama sebagai istri orang.
Yang kesimpulannya adalah…mesti bangun earlier dan siapin sahur buat berdua. Kyaaaaa…

Sebelumnya kan bangun sahur 15 menit sebelum imsak, eh udah ada masakan enak buatan ibu. Tinggal mamam, sholat, bobo lagi. Huahaha :’))

Kalo mau sahur gaya cowboy pas jaman-jaman ngekos ya bisa sih, siapin beras, rice cooker, dan chicken nugget 2 pack buat 1 bulan. Laziness at its finest.

Oh iya saking panik dan galaunya kemarin saya ke supermarket beli ayam, kornet, sarden, tuna chunks. Gatau mau dibuat apa, yang penting hati tenang. Padahal mungkin nanti realitanya cuma sahur pake roti atau sereal kayak sarapan biasa.

Sekali lagi, selamat menjalani ibadah di bulan puasa semuanya. Semoga ibadah kita ga sekedar menahan haus dan lapar aja, tapi juga bisa diisi dengan amalan lain dan bisa menghindarkan diri dari perbuatan yang sia-sia. Aamiin :)

A glimpse of life in KAUST

early morning stroll - The Beacon of KAUST

The Beacon of KAUST

Three months ago I was moving to KAUST, following my husband who is pursuing his doctoral degree here.
FYI, KAUST is a research university located in Thuwal, Saudi Arabia, around 100 km from Jeddah.
I’ve never imagined that one day I will have to live in this country, with all of their strict rules. Long before my departure, my mother already advised me this and that; take care of yourself, don’t go anywhere alone, don’t take a taxi by yourself, use sunblock, etc etc etc. Well, her anxiety is understandable, tho. :))

In Saudi Arabia, there are several compounds which have quite different rules with the local norms. And KAUST is one of them. Here in KAUST, people can dress up more freely (but still appropriate) and women are allowed to go anywhere within campus by themselves.

Turns out, living in KAUST is very different from what I’ve imagined, in a positive way. Yeayyy! :D

One of the best thing of KAUST is that they support the relocation of their faculty and staff members (and families) very well and smooth. They helped to book our travel, and then on the appointed date of our arrival to Saudi Arabia, one of KAUST team greet us in the arrival gate and assist us through the immigration and customs, which is great. More than that, one driver were already assigned to pick us up at the airport and take us to KAUST. :’)

HOUSING AND FACILITIES

People in KAUST can enjoy a unique and multi-cultural living experience with great housing and amenities. We got an apartment for married couple with no child. Apartment building that we are living in consists of 12 units, each of them is two stories. The unit is fully-furnished, completed with electricity, water and high-speed internet. The space also big enough for two of us.

Besides the apartment, there are another variety of housing offered in KAUST: townhouses and villas. All of them designed in modern Arabesque style, and all of them are look-alike. Hahaha

The facilities in this neighborhood are great. We have access to medical clinic, supermarket, gym, golf course, water activity in the Red Sea (yes, we live alongside the Red Sea), cinema, day care, school and restaurant. Well, there are not many choices of restaurant here which makes me really missed my time in Jakarta where I can find any type of food with reasonable price. :”(

Besides restaurant we also have campus diner which I visit when I am not likely to cook a.k.a. almost every day. :))
There are many variety of food in the diner; local food, pasta, pizza, noodle, various desserts anddd nasi goreng with chicken satay! The taste of nasi goreng is so-so (I think I should recommend bumbu kokita to the chef, hahaha), but the chicken satay is great! I wonder why they not serve chicken satay separately, I will definitely order it.
FYI, most ordered item at Campus Diner for me is the value meal. Value meal = carb + veggie + 2 main course + salad + soup + dessert + mineral water = 23 SR, enough to be shared with my husband, hahaha.

Jumbo portion of value meal at Campus Diner :O

Jumbo portion of value meal at Campus Diner. Heavy breathing…

Back in Indonesia, I really love to spend my spare time watching new movies at the cinema. For me, watching movie together is refreshing, and watching movie alone is my kind of me-time. So, actually there is one KAUST facilities that I really grateful for, CINEMA! Since there is no movie theater in Saudi Arabia, having one in this compound is a bliss.

TRANSPORTATION

Campus offers shuttle bus to commute within the university and residential area. But after I bought a bike, I prefer to use my bike to go around campus since riding a bike around campus is very safe and comfortable (yeah, despite the heat in the midday, of course). This place is very bike-able, me love it!

Buses are also available for off-campus trip. Those buses go to several malls in Jeddah and also to Mecca and Medina. This off-campus bus is very helpful since we don’t have a car and not planning to have one in the near future. After all, it seems that driving outside campus is not comfortable; traffic jam and reckless drivers.

COMMUNITY

It is said that around 6000 people from 100 countries are living here, which makes living in this compound is such a multi-cultural experience. What I love about the community is how everyone really kind and helpful toward each other. It’s like everybody have a good intention to make this small community even better. This good feeling is also felt inside the Indonesian community at KAUST, a small community consists of around 15 Indonesian families. :)

UTOPIA

A utopia (/juːˈtoʊpiə/ yoo-TOH-pee-ə) is a community or society possessing highly desirable or near perfect qualities.

I feel that living in KAUST is like utopia. Everything is nearly perfect and in place. Things are too good to be true. Sometimes, I think: how to live in the real world again someday, can I accept all the imperfections? Hahahaha :))

when in doubt, google it

Earlier today, I was planning to eat cereal for breakfast just until I saw the expiry date of the milk.

Oh my… it expired on 06/05/2015, which is yesterday. T-T
*sniff sniff*
Hmm, the smell is still normal, tho. :|

Since the milk is still half a bottle, there’s a moment of battle in my mind on whether I have to throw it away or just drink it.

And finally…

take my phone

open browser

type … “expired milk smells fine”

After an intensive quick reading, most people on internet says it’s safe. Ha!
So, I pour it on to the cereal, put it again in the fridge, and enjoy my breakfast. :D

Lately, when I have a question, I simply google it.
Is it kind of internet addiction?
Anyway, thanks internet!

Baby, it’s hot outside

image

Is summer coming already? :|

Hari ini panas ngets. Today is extremely hot. Atau kata orang Cina mah, jīntiān fēicháng rè. (ciyee abis les bahasa Cina nih ceritanya :3 )

Tinggal di daerah tepi laut feat. gurun gini, bagi saya masalah banget rasanya kalo mesti keluar rumah pas hari lagi terik.
1. Panas
2. Silau
(gegayaan kamuh, padahal panasnya mah 11 12 sama Jakarte)

Panas mah nasib. Syukur alhamdulillah siang siang gini nyampe rumah masih bisa ngadem pake AC.
Sedih juga sih tadi pas lagi panas-panasnya, saya gowes sepeda dengan semangat 45 biar cepet nyampe rumah, terus papasan dengan pekerja yang lagi nyapu jalan.
Rasanya pengen bilang, atulah akhi ngadem gih di bawah pohon, ini jalanan ditinggal bentar juga udah debuan lagi. T-T

Nah, yang silau ini…sebenernya gampang sih tinggal pake sunglasses. Masalahnya, mata saya teh minusnya gede banget. Jadi kondisinya:
1. Pake sunglasses. Mata adem tapi ga keliatan apa apa.
2. Pake kacamata minus. Penglihatan jelas, tapi mata micing micing akibat silau. Akhirnya ga keliatan apa apa juga. -_-

Nasib.

Oh iya, setelah tinggal di sini (Saudi Arabia -red), sunglasses jadi kepake banget alhamdulillah yah. Naik sepeda. Ke kampus. Minimarket. Pasti di manapun selama ada matahari, ada aja orang yang pake sunglasses.

Kalo dipikir-pikir, Jekarda kan juga suka panas terik ga masuk akal ya. Tapi kayaknya kalo pake kacamata item sambil nunggu kopaja, berasa bakal dikomentarin masyarakat: “gaya banget sih luu”. Padahal kan emang itu kegunaan kacamata item.
Dasar kalian orang-orang judgmental. Hahaha padahal ekeu juga :p

#latepost
tulisan ini mestinya di-post kemarin siang. tapi kok bisa-bisanya ketiduran sebelum klik publish. hari ini matahari juga masih cerah ceria sih, jadi masih relevan lah ya. hahahuft vanas~

Cerita tentang kantor

Saat ini sore hari waktu Arab bagian Thuwal. Kalo jam segini ditanya lagi apa, biasanya sih anak ini lagi duduk duduk internetan, cari cari resep masakan, beresin rumah, atau siap-siap mau berenang (yang opsi terakhir ini sesungguhnya langka banget sih).

Kegabutan ini (sebenernya ga gabut juga sih, wong ga digaji) dimulai sejak 3 bulan yang lalu.

Jumat, 6 Februari 2015 adalah hari terakhir saya bekerja di PT Huawei Tech Investment. Ga kerasa sudah hampir 3,5 tahun saya bersama perusahaan ini, sejak lulus dan masih lucu-lucunya.
Setelah selama itu bekerja, rasanya agak berat juga pas hari terakhir mau dadah dadah sama temen-temen kantor. Ya bayangin aja 5 days a week, 9 hours (or more!) per day a.k.a. most of my time dihabiskan di kantor.
Lebih sering ngobrol sama temen kantor daripada sama orang rumah.
Lebih sering makan di belakang kantor dari pada makan masakan rumah.

Saat saat setelah resign itu rasanya……pretty much the same with sindrom setelah wisuda.
Kangen temen temen, kangen bandung kantor, kangen jajanan bandung makanan belakang kantor.

Saat saya meninggalkan kantor, posisi saya adalah sebagai Wireless Product Manager, atau mungkin lebih dikenal sebagai Wireless Technical / Solution Sales Manager. Iya, SALES. Bayangin, anak cem saya gini jadi anak sales.
Jujur aja pas pertama kecemplung di dunia ini saya agak agak heran. Oh God why… What in the world am I drowned into?

Masalahnya adalah…I think I am an introvert (am I?). I have no difficulty to work in a team. But…, I really am not good at building a relationship with people, apalagi yang mesti pake basa basi senyam senyum dan mem-persuade orang yang ga kenal kenal amat untuk membeli sesuatu. Kalau disuruh sebutin hal yang saya ga suka, salah satunya ya sales atau telemarketing yang suka sodor-sodorin saya ini itu. Kalau saya butuh ya saya akan nanya dan cari tau, kalau saya ga butuh ya disodorin juga ogah.

Sadly, that’s not how it works in this industry. So, thank God, akhirnya saya “terpaksa” belajar. Hahahaha…
Walaupun masih belum sempurna dan sering diingetin pak mentor “Annisa, kamu sering-sering ke customer ya”, at least pada akhirnya saya jadi counterpart customer yang bisa diandalkan kalau mau tanya ini itu tentang produk. Mihihihi ;)

FYI, setengah tahun pertama bekerja itu bener bener cobaan banget. Di masa masa adaptasi itu, saya sebagai anak bawang masuk tim yang ga jelas role saya di situ apaan. Komunikasi dalam timnya kacau. Saya nanya orang expat disuruh A, nanya orang lokal disuruh B. Wuopooo… Alhasil setiap hari saya bekerja tanpa tujuan, sampai kantor cuma nunggu jam pulang. Hiks.

Akhirnya saya dipindah ke tim baru. Yeay!

Di tim baru ini, alhamdulillah enak banget. Supervisor saya yang orang Cina sungguh baik dan perhatian. Begitupun juga dengan Pak Very yang orang lokal.
Di tim ini, saya benar-benar dibimbing dan perlahan-lahan dilepas supaya mandiri. Sedikit demi sedikit saya diberi tanggung jawab sampai akhirnya bisa handle project sendiri. Untuk hal-hal tertentu pun saya akhirnya menjadi person in charge (iya iya, sebut saja perihal site configuration dan quotation), bisa berkomunikasi dengan project team dan customer sendiri, serta memutuskan sesuatu sendiri.

Dalam bekerja, sesungguhnya saya tidak berambisi mengejar posisi tertentu. Untuk saya, bekerja itu tentang pengakuan dan aktualisasi diri.
Ketika kerjaan saya dinilai bagus,
ketika solusi yang saya berikan dipertimbangkan,
ketika customer lebih memilih bekerja dengan saya ketimbang orang expat,
ketika saya dikenal orang-orang expat dan project karena jago configuration……rasanya berbunga-bunga seperti Syahrini. :”>
(ya ya ya, ini part of self bragging :p )

Selama bekerja di wawei, tekanan pasti ada. Lelah, iya. Kena teguran, iya.
Tapi menurut saya yang penting senyum aja, jangan apa apa di bawa kzl dan emosiong. Kalo ada masalah, motto saya:

what the worst could happen sih?

Coba pikirin solusi dan kerjain aja dulu yang bener. Toh, selama ini masalah datang silih berganti terus beres beres juga kannn. :))

Di luar motto samvach itu, teman teman seperguruan juga penting banget dalam keberlangsungan hidup saya di wawei.
Bikin betah bikin semangat bikin happy kapan pun dalam kondisi apapun. Kyaaa :*

Nah, sekarang ceritanya saya lagi kangen banget sama masa masa itu.
Bangun pagi, mandi, dandan, ngojek, ngompreng, ngantor, nge-customer, macet-macetan, meeting, main-main sama temen kantor, ngelembur, naksi malem-malem.
Semoga sesegera mungkin suatu hari, bisa memulai rutinitas seperti itu lagi dengan teman dan lingkungan yang lebih enak. Aamiin :D

Satu Tahun

*dua hari menjelang perayaan satu tahun tanpa postingan…*

Kalau dilihat-lihat, setiap awal tahun di annual report blog ini selalu aja ada kalimat-kalimat cem gini:
“Surely not a productive year in my blogging history. Hopefully, I can post more blog post next year.” (annual report 2013, 2012)

Yang nyatanya: LOL, nope. Muahahaha
(saking malasnya bahkan annual report 2014 aja ampe kelupaan dan ga sempet di post. blah.)

Di postingan kali ini, saya akan merekap hal apa aja yang telah terjadi dalam satu tahun terakhir.
Jujur aja, satu tahun ke belakang ini buanyak buanget hal yang terjadi.

Awal tahun lalu, setelah sang pacar menyelesaikan S2-nya di Korea, kami ketemuan di Hong Kong dulu untuk jalan jalan, sebelum akhirnya pulang ke Indonesia for good.
Masa-masa selama dia di Jakarta itu precious banget. Maklum udah lama pacaran lewat LINE doang. Hahaha… Akhirnya untuk beberapa bulan bisa makan siang bareng, ada teman jalan dan nge-mall pas weekend juga. (anak Jakarta banget sih mainannya ke mall doang hahaha)

Alhamdulillah, Fall Semester 2014, dia keterima kuliah di Saudi Arabia. Yang pastinya membuat saya menjadi jomblo regional (lagi), dan harus melalui percakapan percakapan semacam ini:

weekend ke mana? ga macar?
di rumah aja, pacarnya jauh di Arab.
kerja di minyak?
ga, kuliah.
kuliah agama?
bukan :|

Menggantikan percakapan sebelumnya yang kira-kira seperti ini:

weekend ke mana? ga macar?
ga, pacarnya di Korea.
annyeonghaseyooo enak dong sering ketemu artis kpop gtu
kagaa -_-

Sebelum doi berangkat, akhirnya saya di lamar, saudara-saudara. :’)
Pernikahan kami dilangsungkan di rumah kira-kira 4 bulan setelah lamaran, yaitu pada akhir Desember 2014. Sesaat sebelum pernikahan pacar pulang ke Jakarta, kemudian setelah honeymoon di Lombok, suami langsung cusss ke Arab lagi. Pukpuk. *nasib cuti pas-pasan :))

Walaupun saya sangat enjoy bekerja (ahahaha haha ha ha), namun demi ikut suami, akhirnya bulan Februari 2015 setelah bekerja 3,5 tahun di Huawei, saya resign dan jadi pengangguran banyak acara mengurus visa ke Saudi.

Pertengahan Maret 2015, saya dijemput suami dan kami berangkat ke Saudi. Yeayyy, alhamdulillah. Akhirnya lika-liku per-LDR-an yang melelahkan ini usai. (ya iyalah lelah, pacaran 4 tahun, LDR-nya hampir 3 tahun. huahahaha)

And here I am now, 100 km away from Jeddah, Makkah Province, Saudi Arabia…

happy people are happy ;)

at office’s elevator…

colleague (c): hi annisa, are you going back home?
me (m): yes
c: where do you live?
m: bekasi. do you know where it is?
c: hmm no idea. jakarta is a big city
m: it’s outside jakarta, actually
c: how far is it from here?
m: around 25 km maybe
c: whattt?! is it as far as bogor?
m: yeah, sort of
c: how long does it take? 2 hours?
m: umm 1.5 to 2 hours
c: crazyyy. you spent 4 hours on the road everyday. I guess you don’t have time to do anything else besides work and commuting
m: hahaha
m: If I’m arrived at home, I just go to sleep, wake up and go to office again. every working days. crazy, right?
c: so, you don’t have time to meet your bf then?
m: on weekend or holiday, like tomorrow! yeay…!
c: hahaha
c: sometimes I wonder why Indonesian people tend to look so happy even though their home is far and the traffic is crazy, so different with Chinese people.
c: that’s ridiculous!

Ahahaha bener juga sih kalo dipikir-pikir. Is it in the blood?

Kalo kata pacar saya sih, stupid people are the happiest one.

Berdasarkan report apa gitu dulu juga Indonesia masuk ke salah satu happiest people kan ya? Padahal hidupnya ya gini deh. Jalanan macet, sistem transportasi buruk, internetnya lambat, acaranya TV-nya jarang yang bagus, pemimpinnya korup, kalo hujan banjir, kalo panas gosong. :))

Kalau diperhatikan, setiap ditanya kabar, seringkali 87.3% orang Indonesia menjawab baik. (halah statistik ngasal) Entah bermaksud sopan, segan untuk memberikan kabar buruk, atau emang males untuk jelasin lebih lanjut ya? Hahaha

Jadi, kemarin ini stumbling upon the internet dan nemu artikel ini: 55 National Stereotypes that will Ruin or Make your Day

Katanya sih orang Indonesia ituuu:

Indonesians – fearful; neurotic; extroverted; conscientious; warm and friendly people; lazy; live for today – who cares about tomorrow; no planners; religious; family-oriented; supportive; invented the rubber-time/rarely on time; corrupt; superstitious; slow; inferior; polite; lacking discipline; use feeling not logic; do not follow rules; hypocritical; resistant to change; tolerant; low profile; unwilling to confront or give ‘bad news’; silent in meetings; can’t swim.

Yeah right… Lumayan bener sih, tapi asa banyakan negatifnya yah. Hahaha

Jadi, apa dong yang juara di Indonesia?
YA MAKANANNYA LAH! :9

BTW, ini ada link 18 Delicious Breakfasts From Around The World dan video berikut:

Kalo diliat, sarapan orang luar sehat sehat ya.
Kalo di sini kan sarapan makannya nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, bubur ayam pake usus pake ati ampela pake telur puyuh, lontong sayur, apalagi lontong sayur padang atau medan.
Such carbo, such santan, such telor puyuh, many cholesterol.
Tapi.., umm super yummy! Dari pagi aja udah dikasi makanan enak enak, gimana ga happy cobaaa.

Yes, we eat telur puyuh and jeroan, because YOLO, you only live once.
Live long happiest people! :))