Manfaat Tidur

Pengen banget tidur….., tapi susah banget.

Seringnya…, susah tidur, susah bangun. Hahaha :P

Waktu itu gw dah berhasil tidur cepet, gara-gara kecapean. Seneng bangettt dehh, bisa gampang tidur malam dan kebangun dengan segar dikemudian hari.

Tapi…, itu kecapean banget gara-gara abis ngubah layout kamar. Masa’ iya tiap hari saya kudu ngubah kamar, geser-geser lemari dan meja, ngangkat-ngangkat kasur???

Pernah juga gampang tidur, gara-gara lagi flu, makanya minum obat flu yang biasanya bikin ngantuk. Tapi, masa’ harus ngobat mulu biar ngantuk? Bisa-bisa OD gara-gara obat flu… Haha, konyol!!!

Hmm, pernah juga tidurnya cepet…, kecepetan banget malah (jam 7 malem udah tidur!!!)… Yang ini gara-gara malem sebelumnya ga tidur. Hehe… Jadinya tidur 2 hari sekali deh, lumayannn jadi hemat waktu tidur. (halah!)

Jadi kepikiran.., kenapa manusia diciptakan untuk tidur yaa???

Ada yang bilang, tidur itu untuk “men-charge” tubuh kita, meregenerasi sel-sel kita, menyegarkan kita.

Menurut sebuah artikel di vhi healthcare (www.vhi.ie), beberapa manfaat tidur, yaitu :

  1. meningkatkan imunitas
  2. membuat jadi pintar
  3. membuat penampilan jadi lebih menarik
  4. meningkatkan konsentrasi
  5. membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik

Ternyata manfaat tidur sangat beragam dan tak disangka-sangka yaa… Berikut adalah pemaparan dari beberapa poin di atas…

Saat tidur, otak memproses apa yang telah kita terima. Jadi kalo mau ujian, belajar lah di siang atau sore hari, jadi pas malam kita bisa tidur nyenyak dan biarkan otak memproses informasi yang telah kita terima. Makanya dengan tidur cukup, kita bisa jadi lebih pintar.

Penampilan yang lebih menarik juga ternyata dikarenakan saat tidur, seluruh sel di tubuh beregenereasi, baik sel otak, sel kulit, sel darah, maupun sel otot. Apabila kita menderita kurang tidur ataupun memiliki waktu tidur yang tidak tentu, maka akan muncul kantong mata (bagian hitam di bawah mata) akibat regenerasi sel yang kurang lancar.

Ternyata, tidur juga mempengaruhi perilaku kita. Orang yang kekurangan tidur, dapat bersikap agresif, mudah marah, dan sulit bersosialisasi. Ekstrimnya, orang yang kurang tidur bisa menderita disorientasi dan jadi paranoid. (parah!!!)

Dari artikel yang sama, saya juga mendapat cara-cara untuk mendapatkan tidur malam yang baik, yaitu :

  1. usahakan untuk tidur di jam yang sama setiap harinya, begitupun juga dengan bangun paginya. Buatlah tidur menjadi suatu rutinitas, supaya terbiasa.
  2. tidak mengonsumsi alcohol, kopi, dan rokok setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur.
  3. jangan malas untuk bangun…! Cobalah untuk bangun pagi dan lakukan relaksasi.
  4. meminum susu hangat sebelum tidur dapat menenangkan dan membuat relaks.
  5. counting sheep…! Ternyata hal ini bisa menstimulasi otak kita lho. (ga tau caranya gimana?)
  6. gunakan cahaya yang cukup untuk tidur, jangan terlalu terang!

Hmm,, berarti gw harus tidur, segera!!! (sekarang dah jam 1.51 am!)

Pokoknya liburan ini waktunya ngebenerin waktu tidur.. Biar sehat, pintar, dan berpenampilan menarik. Hahaha :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s