Power Line Communication, HomePlug AV

Sebagai mahasiswa Teknik Telekomunikasi, sekali-sekali lah ngisi blog dengan materi yang berguna dan sesuai dengan keilmuan, haha. So ini dia, artikel yang diambil dari tugas gw untuk mata kuliah Jaringan Telekomunikasi. Enjoy! :)

Kebutuhan akan internet telah berkembang sangat besar. Apabila jaringan komunikasi ini dapat disediakan melalui saluran transmisi daya, tentunya pasar akan berkembang sangat cepat.

Berkebalikan dengan aplikasi yang berkaitan dengan power (daya), jaringan komunikasi memerlukan bit rate yang tinggi dan dalam beberapa hal juga memerlukan koneksi yang real-time. Power Line pada awalnya dirancang untuk mendistribusikan daya secara efektif, karena itu rancangan tersebut tidak diadaptasikan untuk komunikasi.

Power Line Communication

Power Line Communication (PLC) atau yang dikenal juga sebagai Power Line Digital Subscriber Line (PDSL) merupakan sistem untuk membawa data pada konduktor yang juga digunakan pada transmisi tenaga listrik. Jaringan listrik yang semula hanya berfungsi sebagai sumber listrik kini juga dapat menjadi media komunikasi.

Kabel yang digunakan pada transmisi tenaga listrik umumnya melewatkan sinyal berfrekuensi 50-60 Hz. Selain frekuensi tersebut sampai dengan orde beberapa megahertz, frekuensi yang mungkin dilewatkan belum digunakan. Teknologi PLC memanfaatkan kanal frekuensi yang tidak digunakan tersebut sebagai frekuensi transmisi, yaitu frekuensi antara 9 KHz sampai dengan 200 MHz.

Semua sistem PLC beroperasi dengan cara menumpangan sinyal carrier yang telah dimodulasi pada kabel. PLC dengan tipe yang berbeda menggunakan pita frekuensi yang berbeda. Hal tersebut tergantung dari karakteristik sinyal transmisi kabel yang digunakan.

Data rate melalui sistem PLC sangat variatif. Frekuensi carrier rendah (sekitar 100-200 KHz) yang ditumpangkan pada saluran transmisi tegangan tinggi dapat membawa satu atau dua sirkuit voice analog, atau telemetri dan sirkuit kendali dengan data rate sebesar beberapa ratus bit per detik sejauh beberapa mil.

HomePlug AV

Power Line Communication dapat digunakan di rumah sebagai interkoneksi komputer dengan berbagai perangkat entertainment yang terdapat di rumah, seperti TV, game console, dan perangkat lainnya yang memiliki port Ethernet. Pengguna dapat membeli satu set adapter powerline di berbagai toko retail elektronik dan kemudian menggunakannya untuk membangun koneksi kabel menggunakan kabel listrik yang tersedia di rumah.

Powerline adapter yang telah banyak banyak digunakan sebagai standar jaringan powerline adalah produk dari HomePlug Powerline Alliance.

HomePlug Powerline Alliance merupakan grup manufaktur elektronik, penyedia layanan, dan retailer yang mempromosikan jaringan dengan menggunakan jaringan listrik yang telah ada di rumah dengan membangun standar dan memenuhi pengujian dan interoperabilitas dengan perangkat lain.

Versi produk yang terkenal dari HomePlug Powerline Alliance adalah HomePlug AV. Spesifikasi HomePlug AV diperkenalkan pada Agustus 2005 dan dirancang untuk menyediakan bandwidth yang cukup untuk aplikasi seperti HDTV dan VoIP.

HomePlug AV merupakan spesifikasi HomePlug yang terkini dan telah diangkat oleh grup IEEE P1901 sebagai dasar teknologi untuk standar mereka.

HomePlug AV merupakan next-generation dari teknologi powerline. HomePlug AV dibangun untuk men-support aplikasi hiburan seperti HDTV dan Home Theatre. HomePlug dirancang untuk men-support high-bandwidth dan low-latency sebagai tuntutan dari HDTV dan VoIP.

HomePlug AV diciptakan untuk bekerja pada rentang frekuensi 2 sampai dengan 28 MHz.

Instalasi

Instalasi jaringan powerline dilakukan dengan memasang perangkat powerline ke steker listrik dan menghubungkannya dengan perangkat yang diinginkan. Biasanya, instalasi dimulai dengan menghubungkan powerline adapter ke router via kabel Ethernet, dan menghubungkan powerline adapter ke saluran listrik terdekat. Untuk menambah perangkat yang akan dihubungkan ke jaringan, cukup lakukan hal tadi lagi.

Teknologi powerline sebelumnya bermasalah dengan propagasi sinyal melalui fase listrik. Terdapat persepsi yang menyatakan bahwa powerline tidak andal dan hanya dapat digunakan pada jarak yang rendah. Pada HomePlug 1.0 masalah ini telah diselesaikan dan HomePlug AV telah membuat perbaikan dalam cakupan seluruh rumah.

HomePlug mengizinkan penggunaan topologi bus Ethernet yang sangat diinginkan dalam beberapa keadaan. Hal ini dapat dilakukan karena penggunaan modulasi OFDM yang mengizinkan adanya beberapa data carrier yang berbeda dalam satu kawat.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Power_line_communication

http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=22:elektronika-komunikasi&id=327:plc-powerline-communication&option=com_content&Itemid=15

http://kb.netgear.com/app/answers/detail/a_id/1125

http://en.wikipedia.org/wiki/HomePlug_Powerline_Alliance

http://powerline-communication.com/homeplug_faqs.shtml

3 comments

  1. rizki joe · December 5, 2010

    boleh bertanya sedikit emm penjelasan dari home CNA , ????

    Like

  2. Pingback: Review Semester VII | Doodles of mine
  3. DeNi RYadi · March 22, 2014

    Gan tau software buat mensimulasikan jaringan FTTH

    Like

Leave a comment